Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Jumat, 23 Januari 2015

Jadi Peduli Pariwisata Gara-gara Liga Blogger Indonesia


gambar dari sini

Pekan ketiga Liga Blogger Indonesia dimulai sejak 19-23 Januari 2015. Panitia mengumumkan tema baru yang harus ditulis oleh para peserta: "Agenda Wisata Tahun 2015 di Daerahku". Yap. Bukan tema yang bisa ditulis pakai perasaan atau opini pribadi saja, karena artikel ini butuh data sungguhan.

Beberapa hari yang lalu, saya membaca tweet beberapa peserta LBI, yang gigih berusaha mencari informasi yang autentik dan akurat tentang agenda wisata daerahnya. Sampai bela-belain meluangkan waktu untuk datang langsung lho ke kantor dinas pariwisata, wah saya salut. Karena berkunjung ke kantor dinas pariwisata harus dilakukan pada jam kerja, sementara jam kerja mereka sama dengan saya, hehehe, jadi saya memilih untuk browsing informasi sebanyak-banyaknya di dunia maya.
Jujur saja, selama ini saya juga tidak terlalu rajin mengikuti perkembangan pariwisata di Jakarta, kota yang saya tinggali. Paling sesekali saja menyimak berita di media, dan sesekali juga datang berkunjung bila ada event yang menarik, misalnya perayaan Cap Go Meh, Pekan Raya Jakarta, atau pameran buku. 

Gara-gara harus menulis dengan tema agenda wisata di daerah masing-masing, mau tidak mau saya bergerilya ke situs milik pemerintah propinsi Jakarta, www.jakarta.go.id dan situs pariwisatanya www.jakarta-tourism.go.id. Menurut saya, tampilan situs sudah oke banget dengan foto-foto yang menarik dan tata letak yang rapi, tapi sayang kontennya belum cukup up-to-date. Akun Twitter @JakartaTourism pun kelihatannya sudah seminggu tak disentuh adminnya.

Di kedua website tersebut, saya hanya menemukan liputan berbagai kegiatan tahun lalu, dan sedikit yang saya dapat soal agenda kegiatan tahun 2015 (baru sampai bulan Januari saja). E-brochure yang saya harapkan bakal memberi info lebih lengkap pun hanya tersedia sampai edisi tahun lalu. Ketika saya coba bertanya lewat akun Twitter @JakartaTourism, tak ada jawaban. Emang enak dicuekin, hehe. Akhirnya saya justru banyak menemukan jadwal acara seru dari berbagai akun kegiatan dan komunitas di Jakarta. Mulai dari pameran fotografi, kuliner, hingga pementasan drama. 

Seperti minggu-minggu sebelumnya, saya belajar banyak hal baru dari tulisan-tulisan para peserta LBI. Apalagi, hampir semua peserta berasal dari daerah yang berbeda-beda, dengan potensi wisata adat yang segudang pula. Bertambahlah pengetahuan saya soal ritual adat dan objek wisata beberapa daerah.

Senang aja bisa tahu asal-usul tempat bersejarah, atau filosofi di balik suatu ritual adat. Jadi tambah cinta sama Indonesia ngga sih? :)

Lewat artikel Agenda Wisata Jakarta 2015 yang saya tulis, semoga para warga Jakarta yang masih kurang peduli dengan agenda pariwisata kotanya sendiri akan lebih antusias meramaikan acara-acara keren di Jakarta tahun ini. Semoga juga, para pembaca yang tinggal di daerah-daerah lain di Indonesia--yang mungkin lebih sering mendengar soal stempel-stempel negatif  Jakarta sebagai kota yang padat penduduk, penuh kemacetan dan banjir--jadi tahu, bahwa ibukota juga punya sisi lain yang cantik dan unik: sisi pariwisata. 

Hmm, kira-kira ada tema seru apalagi ya di Liga Blogger Indonesia pekan depan?

Just can't wait for more fun! :)

11 komentar:

  1. hehehe alhamhamdulillah kalo Twitter daerahku Nganjuk (@NganjukKotaBayu) selalu nyari update-an buat tweetnya --> @adibriza :D

    BalasHapus
  2. wow... kami terharu :D

    Makasih apresiasinya.
    Semoga semakin semangat setiap hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, Sama-sama ^.^ panitia juga ya tetap semangat

      Hapus
  3. Indonesia sangat kaya dengan harta lokasi pariwisata, tetapi masyarakatnya lebih mengenal yang diluar negeri. Sungguh disayangkan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kita sendiri yg harus lebih kenal harta itu.. dan menyebarluaskannya pada orang2 lain

      Hapus
  4. Hah, masa sih Jakarta gak punya agenda wisata. Etapi walaupun tanpa dibuatkan agenda, even-even di Jakarta selalu sukses ya, minimal pengunjungnya selalu mbludak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agenda banyak tapi dinas pariwisatanya mugkin yg telat merangkum & mensosialisasikan. Untung warganya kreatif2 semuah pada cari info sendiri2 di media/medsos. Hahaha

      Hapus

Terima kasih untuk komentarnya :)