Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Selasa, 20 Januari 2015

Agenda Wisata Jakarta 2015



 Jakarta adalah melting pot-nya Indonesia.
Rumah bagi sembilan juta penduduk dari beragam etnis dan budaya.

Jakarta mungkin sudah terkenal dengan banjir dan kemacetan lalu lintas, biaya hidup yang mahal, persaingan hidup yang tinggi, dan beberapa stempel negatif lainnya. Namun, ada satu hal yang membuat Jakarta lebih unik dari kota-kota besar lain di Indonesia.

Jakarta adalah melting pot-nya Indonesia. 

Ibukota negara kita ini menjadi rumah bagi sekitar 9,9 juta penduduk dari beragam suku. Mulai dari suku-suku asli Indonesia seperti Betawi, Jawa, Sunda, Batak, Bugis, dan lain-lain, sampai etnis pendatang seperti Arab, India dan Tionghoa.

Karena itu, sudah ngga aneh lagi dong ya kalau kebudayaan yang ditemukan di Jakarta adalah campuran yang unik dari berbagai etnis tersebut. Agenda wisata di kota metropolitan ini juga bermacam-macam, baik itu tradisional maupun modern.

Melihat potensi pariwisata ibukota ini, pemerintah provinsi DKI Jakarta sendiri telah menargetkan 2,5 juta kunjungan wisata pada tahun ini. Untuk kamu warga Jakarta atau siapa saja yang berencana mengunjungi Jakarta, beberapa agenda wisata tahun 2015 ini perlu banget deh kamu tandai. ;)



Jakarta Estetika Banal
Pameran berkonsep fotografi jalanan oleh Erik Prasetya ini akan menampilkan potret kota Jakarta dari masa ke masa, mulai dari periode film hitam putih sampai era digital yang penuh warna. Acara yang diadakan di Galeri Salihara, Pasar Minggu, ini terbuka untuk umum, pada tanggal 17-31 Januari 2015. Butuh detail lainnya? Silakan cek akun Twitter @salihara

Solo 4 Sekawan
Pameran seni rupa yang bertempat di Taman Ismail Marzuki ini menampilkan lukisan-lukisan karya empat pelukis asal Solo: Yarry Yaryatno, Soegeng Toekio, Arfial Arsad Hakim dan Kunara. Buruan ya, sekarang 20 Januari 2015 hari terakhir loh! 



Pentas Drama Teater Katak
Buat kamu, para penyuka drama, akan ada pentas bertajuk "Benarkah Cinta Sudah Mati?" oleh teater Katak. Teater Katak sendiri adalah grup seni drama yang dibentuk oleh Komunitas Anak Teater Kampus. Siap-siap pantau akun Twitter @teaterKATAK untuk pesan tiketnya ya. Jangan lupa, drama akan dipentaskan tanggal 29-30 Januari 2015 di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki.

Jakarta Culinary Passport
Kalau kamu berminat mencari tahu tentang kuliner dari Indonesia dan berbagai negara tanpa harus keliling dunia, kamu mesti datang ke sini. Acara akan diselenggarakan tanggal 29 Januari - 1 Februari 2015 di Grand Indonesia West Mall Lt. 5, Jl. MH Thamrin. Untuk mengetahui info lebih lanjut, silakan ikuti linimasa akun Twitter @JKTculpass.


Festival Pendidikan (World Education Festival)
Yang satu ini untuk kamu, para pelajar dan mahasiswa yang ingin mencari informasi tentang sekolah dan kampus idaman. Perwakilan dari berbagai institusi pendidikan dalam dan luar negeri bakal menggelar stan di sini dan siap menjawab pertanyaan-pertanyaanmu. Bukan cuma itu, akan ada juga stan-stan perusahaan nasional dan internasional yang bisa membantu kamu memperoleh gambaran seperti apa sih dunia kerja yang akan kamu hadapi nanti. Mau info lengkap? Simak di www.worldeducationfest.com. Kosongkan jadwal ya, supaya bisa datang ke Balai Kartini tanggal 27-28 Februari 2015!

Pekan Mode Indonesia (Indonesia Fashion Week)
Acara tahunan ini digagas oleh Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI) sebagai suatu upaya menjadikan negeri kita salah satu kiblat mode dunia. Indonesia kaya akan budaya terkait busana, seperti batik, songket, tenun dan banyak lagi yang bisa dikreasikan menjadi karya yang unik. Tertarik? Datang saja ke Jakarta Convention Center, acara ini akan berlangsung tanggal 26 Februari - 1 Maret 2015. Simak infonya di akun Twitter @IndonesiaFW.


Pekan Buku Islami (Islamic Book Fair)
Pameran buku tahunan yang biasa dihelat di Istora Senayan Jakarta ini biasanya punya banyak agenda menarik, mulai dari acara bedah buku Islami, lomba, hingga bincang-bincang dan workshop dengan penulis ibukota. Daaan... kalau kamu jeli, bisa berburu buku-buku keren dengan harga diskon lho. Catat tanggalnya di agendamu ya: 27 Februari - 8 Maret 2015, juga temukan info lainnya di www.islamic-bookfair.com dan akun Twitter @islamicbookfair.
 
Budaya Indonesia dalam fashion
Festival Layang-layang 
Rencananya, event besutan pemerintah kota Jakarta Pusat ini akan diadakan pada bulan Juni 2015 nanti. Tahun lalu, festival yang juga diikuti peserta dari luar Jakarta tersebut bertempat di Lapangan Silang Monas. Bagaimana dengan tahun ini? Kita tunggu yuk berita selanjutnya di website jakarta-tourism.go.id milik Dinas Pariwisata DKI Jakarta!


Pekan Raya Jakarta (Jakarta Fair)
Acara tahunan yang biasa diselenggarakan di Arena PRJ Kemayoran ini selalu ramai dikunjungi. Selain menjadi ajang penjualan berbagai produk lokal dan impor, biasanya dimeriahkan juga dengan pertunjukan kesenian menyambut ulang tahun kota Jakarta. Yang selalu bikin ngangenin adalah adanya aneka makanan khas Jakarta seperti nasi uduk Betawi dan kerak telor. Jakarta Fair rencananya akan berlangsung bulan Juni 2015 nanti.
 

Jakarnaval
Pawai ini merupakan pawai seni dan karya dari komunitas seni di Jakarta, serta Suku Dinas Pariwisata dan Budaya. Diikuti oleh ratusan peserta dan puluhan mobil hias, Jakarnaval rencananya akan dilangsungkan pada tanggal 14 Juni 2015.

Biasanya, agenda wisata di Jakarta lebih meriah di bulan Juni dibandingkan dengan bulan-bulan lainnya, karena peringatan ulang tahun kota Jakarta memang jatuh pada bulan tersebut. Selain yang sudah saya bocorkan di atas, masih banyak lagi perhelatan seru dalam rangka HUT Jakarta ke-488, misalnya ajang Abang None Jakarta, di mana akan dipilih dua muda-mudi berbakat dan berprestasi sebagai duta pariwisata Jakarta. Lalu, ada juga Jakarta Great Sale yang akan menggoda iman para shoppaholic karena saat itu akan digelar diskon hingga 70% di 75 mall ibukota.

Ragam kuliner Indonesia
Jadi, siap-siap Enjoy Jakarta yuk!






Referensi:
www.jakarta.go.id
www.jakarta-tourism.go.id
www.bisniswisata.co.id
www.agendakota.co.id



35 komentar:

  1. wah Solo 4 Sekawan hari ini dong?
    pengisi worksop penulis ibu kota sapa tuh? dapat sertifikatkah?

    http://hatidanpikiranjernih.blogspot.com/2015/01/agenda-wisata-jawa-barat-2015.html
    @guru5seni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Solo 4 Sekawan sebetulnya berlangsung beberapa hari Tya, tapi aku baru posting artikelnya hari terakhir pameran :) pengisi workshop-nya tiap tahun beda-beda, biasanya kalo acara bookfair udah dibuka, akan dikasih tau jadwal workshop dan siapa pengisinya :D

      Hapus
  2. Wew dapat juga. Meski kurang banyak, ini keren! Salut

    Ada rinciannya hihi... *soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya Asmari... belum dapat agenda yang lengkap sampai akhir tahun. Nanti sambil browsing akun komunitas juga deh ^_^ thanks sudah berkunjung yaa

      Hapus
  3. aku masih bingung nyari referensinya karena di situs pemerintah Indramayu ga ada yang memasang agenda wisata terpaksa nyari sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met hunting Kang, mungkin artikelnya bisa tentang agenda wisata propinsi Jabar sekalian, ngga harus spesifik Indramayu semua? :)

      Hapus
  4. keren.. saya alhamdulillah sedikit banyak ngerti tentang kota saya dan punya link ke dinas pariwisatanya. (curhat dulu).. Akkkk,, aku pengen dolan ke JKT mbak ruri, belum pernah ke ibu kota #parah heuheu

    @adibriza adibriza.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo main ke sini, Adib :D banyak objek wisata asyik, yang mur-mer juga banyak! *promosi*

      Hapus
  5. Waah keren nih acaranya, jadi pengen tau lagi lebih banyak, nih. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah sekalian aku kasih akun twitter sama website-nya tuh... baik kan?? *halah*

      Hapus
  6. Beberapa kali ke Jakarta tetap susah untuk bertahan lama, mungkin karena kondisi lingkungannya yang tampak semrawut dan macet dimana-mana kali ya. Sebenarnya Jakarta itu indah dan nyaman dikunjungi jika suasanya lebih tertata rapi dan tidak macet. Tapi mau gimana lagi, itulah ibukota. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, mau ditata pun memang tidak mudah karena sudah terlanjur super padat :)

      Hapus
  7. Andai bisa, berlama-lama kalau ke Jakarta, tentu bisa sesekali menikmati enjoy Jakarta pula deh

    @ririekayan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap2 enjoy the traffic jam juga yah mbak Ririe.. hihi

      Hapus
  8. Wew, ntar kalo liu ke jakarta ruri yang jadi Guide nya ya hihi

    @Leon_Sps
    http://www.gogel.web.id/2015/01/agenda-festival-kalimantan-barat-tahun.html

    BalasHapus
  9. Jakarta, ngeri nih agendanya. Sepertinya saya sangat tertarik dengan Jakarta Cullinary Night, hehehe, maklum pecinta wisata kuliner. :D

    @IfanAndriP #LBI2015

    BalasHapus
  10. Sama dong kitaaah.. hobi makan. Hehehe :D

    BalasHapus
  11. Benarkah cinta itu sudah mati, pengen hadir kayanya ok juga tuch ruri, bareng yuk :) (ngarep.com)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk aja, jangan lupa ajak anak tetangga tapi yaa :D

      Hapus
  12. jakarta kayaknya gx kehabisan ide untuk bikin acara ya, acaranya rame,
    pengen pindah rasanya ke kota besar :D hehe
    bengkulu minim acara, apalagi book fair :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, tinggal di kota besar ada suka dukanya, salah satu sukanya ya ini.. banyak acara menarik :)

      Hapus
  13. Wow.. banyak yah mba acaranya, penasaran dengan festival layang layang nya, hehe..
    @rin_mizsipoel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbak Rin.. aku juga berharap bisa dateng ke festival layang2 taun ini. Soalnya yg taun kemarin bablas aja gitu, hehe

      Hapus
  14. ada kuliner ya, enak juga ternyata :) Semangat terus ya

    @NurtanioR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuliner Jakarta enak :9 thanks sudah berkunjung ya :)

      Hapus
  15. Semoga tahun ini bisa pelesiran ke Jakarta. Terima kasih mbak atas info agenda Jakarta, jadi bisa menyesuaikan jadwalnya nih..

    BalasHapus
  16. Saya dulu pernah setahun di Jakarta, tapi jarang menyaksikan acara2 diatas. Palingan di IBF 2014, emang Jakarta tuh paling lengkap acaranya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, pernah tinggal di Jkt ya mas.. kapan2 main lagi kan bisa :)

      Hapus
  17. Jadi pengen liburan ke sana dan icip icip frstivalnya. Tunggu elangku balik ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu di Jakarta yah Wie ;)

      Hapus
  18. Wah keren2 agendannya, plg menarik sih ragam kulinernya

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya :)