Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Kamis, 31 Juli 2014

Klinik Spesialis Mata SMECO

Ini pos pak Satpam ya.. Gedung kliniknya beda lagi, hehe

Adik ipar saya, Ririn, beberapa kali curhat soal matanya yang sering merah, gatal dan berair sejak berbulan-bulan lalu. Uniknya, ini selalu terjadi saat bangun tidur di pagi hari, dan membaik saat hari sudah siang. Dan lebih sering di mata kanan saja. Awalnya saya menduga itu alergi ringan saja, dan menyarankan dia pakai obat tetes yang mengandung antibiotik dan steroid.

Tapi berhubung keluhannya masih sering muncul, saya sarankan lagi supaya berkonsultasi ke dokter mata. Nah, baru deh saya ingat bahwa ada klinik baru di kawasan jl. Pemuda, Rawamangun, Jakarta Timur. Klinik ini adalah tempat praktek bersama beberapa dokter spesialis dan subspesialis mata, namanya Klinik SMECO. Waktu masuk ke dalam untuk nganter Ririn berobat, saya menangkap kesan interior yang mewah. Yang terpikir pertama kali pasti dong, "Wuih, jangan-jangan biaya berobatnya mahal nih..." Hehe, maklumlah, namanya juga ibu-ibu. ^.^

Periksa Visus

Setelah mendaftar dan menunggu sejenak, Ririn diperiksa visus (ketajaman penglihatan) dulu oleh pegawai klinik. Lalu kami diantar ke lantai atas untuk ketemu dr. Ichsan. Di sini, mata Ririn diperiksa dengan alat, kalau ngga salah namanya slit-lamp, yang dihubungkan dengan layar monitor, jadi saya juga bisa melihat jelas apa saja yang sedang "diintip" oleh dokter. Sayang saya lupa mengambil gambarnya. Ternyata kesimpulan dr. Ichsan sama dengan saya (hehe, sotoy deh), penyebab penyakit mata Ririn memang alergi. Kemungkinan besar alergi debu yang ngumpet di kasur dan bantal. Jadilah dapat wejangan harus lebih memperhatikan lagi kebersihan rumah. Met bersih-bersih aja ya, Rin.. hehe.

Selesai konsul, beranjak ke apotek dan kasir. Ririn dapat obat tetes mata Vernacel dan salep mata. Vernacel selain membantu menjaga kelembaban mata juga mengandung antihistamin untuk meredakan alergi. Biaya konsultasi dokter subspesialis Rp 150.000, biaya administrasi Rp 20.000, biaya obat lupa.. Totalnya kalau tidak salah sekitar 200 ribu rupiah. Paling mahal 300 ribu rupiah. Saya ngga tahu ya, apa tarif ini hanya bersifat promo karena masih soft opening, atau memang sudah fixed untuk seterusnya (mudah-mudahan). Tidak mahal kok untuk ukuran klinik swasta mentereng di pusat kota. Saya berencana untuk periksa visus di klinik SMECO kapan-kapan. Mau mengecek apakah ketajaman penglihatan saya sudah berubah, dan perlu ganti kacamata. :-)

15 komentar:

  1. Murah cuma sayang opening doang hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, biasa Tya... promo dulu di awal :))

      Hapus
  2. aku juga sudah pernah kesana. masih murah kok sekarang juga dibandingkan klinik mata lain kayak jec dan kmn. baik-baik lagi petugasnya
    over all good

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh ya? Syukurlah kalo harganya masih lumayan terjangkau sampe saat ini ^^

      Hapus
  3. Hi Mba,

    Kebetulan mata aku juga suka begitu kadang2. Dan skr ini ada kayak lubang kecil dimata, aku takut itu karena penggunaan Eye Liner Cair. Makanya nanti coba ke SMECO deh.
    Makasih referensinya ya mba.

    Salam Kenal,
    Dita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Senang kalo tulisanku bisa membantu. Salam kenal juga ya Dita :D

      Hapus
  4. kira kira disana ada juga ga ya kacamata-nya sekalian?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu sih belum ada, tapi petugas di Smeco bilang rencananya akan dibuka jg optik di sana :)

      Hapus
    2. terakhir ke sana sekitar bulan Oktober 2015 udah ada optiknya juga

      Hapus
  5. Hay mba, mau tanya kalo mau cek mata minus sama mengurangi minusnya bisa juga disana ? Aku tiap hari lewat sana sih karna kebetulan kuliah di unj. Pengen kesana periksain mata minus aku, kalo bisa sih disembuhin hehe. tapi ragu, takut mahal. Ya namanya juga mahasiswa hehe :D thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus diperiksa dulu sama dokter SpM nya :) Oktober kemarin tarif konsultasinya udah naik ternyataaa agak mihil :( tapi alhamdulillah dicover asuransi, hehe..

      Hapus
    2. Kalo sekarang berapa ia mba periksa mata keluhan nya sama kaya tulisan mba

      Hapus

Terima kasih untuk komentarnya :)