Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Kamis, 25 Desember 2014

Dementor Itu Bernama Liga Blogger Indonesia



"Kekuatan seseorang yang sesungguhnya itu baru akan muncul saat dia terdesak." 

Mau contoh? David Banner baru akan berubah menjadi Hulk ketika dirinya merasa terancam bahaya. Lalu, coba lihat Harry Potter yang mantra Patronus-nya sukses ketika dia sudah hampir kalah oleh serbuan ratusan Dementor. Padahal, sehari-hari David Banner itu paling ogah cari ribut sama orang lain, dan Harry Potter sering kali pingsan di kelas saat latihan menghadapi Dementor.

Yah, kadang-kadang supaya kemampuan kita bisa dipakai maksimal, butuh paksaan dulu dari luar. Soal menulis di blog, misalnya. Dulu saya pernah berkomitmen untuk menulis 1 artikel setiap hari untuk mengisi blog saya. Komitmen itu pun gagal dengan suksesnya (lho?). Akhirnya saya ubah menjadi 1 artikel setiap minggu, tapi tetap saja itu juga sering kali tidak tercapai. Akhir-akhir ini saya lebih sering hanya menulis 1-2 artikel dalam 1 bulan. Bahkan, pernah pula blog ini terbengkalai selama berbulan-bulan tanpa artikel baru. Ibarat rumah, blog saya amat berdebu gara-gara jarang ditempati, apalagi dibersihkan. 

Setelah saya susuri lagi artikel-artikel lama di blog, saya punya satu kesimpulan. Saat di mana saya paling rajin dan teratur bikin tulisan baru adalah ketika saya ikut lomba blog atau event berseri. Misalnya, saya pernah ikut event #13HariNgeblogFF dua kali di tahun 2012 dan 2013. Di sini, para pesertanya harus menulis fiksi singkat dengan judul yang berbeda-beda setiap harinya, yang sudah ditentukan panitia. Meski ngga ada hadiahnya, event ini jadi seru karena saya dipaksa berpikir dan menulis dalam waktu yang terbatas, secara kontinyu selama 13 hari.

Jadi, bisa dibilang, deadline nge-blog bagi saya tuh ibarat Dementor bagi Harry Potter. Deadline adalah paksaan, pecut bagi saya agar semangat dan konsisten dalam nge-blog. Makanya, waktu saya tahu ada kompetisi Liga Blogger Indonesia 2015, saya tertarik banget untuk ikut. Sebetulnya LBI sudah diadakan sebanyak dua kali sejak tahun 2013, tapi saya baru tahu sekarang (kemana aja saya? hehe). Ngga apa-apa deh. Better late than never!

Bersama 47 blogger lainnya, saya harus memenuhi tantangan untuk bisa lolos babak kualifikasi. Kami diberi waktu sejak 22-26 Desember 2014 untuk menulis artikel di blog masing-masing, yaitu 1 artikel dengan tema Liga Blogger Indonesia 2015 dan 2 artikel bebas untuk dapat poin tambahan. Setelah itu, kami wajib membagikan artikel itu via Twitter. Calon peserta juga harus saling mengomentari artikel calon-calon peserta lainnya. Seperti halnya liga olahraga, di Liga Blogger Indonesia dua calon peserta dibuat saling berhadapan. Calon-calon peserta dengan poin yang lebih banyak akan lolos ke babak selanjutnya. Di babak-babak berikutnya, jumlah peserta akan makin sedikit, dengan tantangan-tantangan yang berbeda dan makin seru juga pastinya.

Di babak kualifikasi ini, banyak juga blogger senior yang sudah lama malang-melintang di dunia maya. Soal konsistensi menulis di blog, mereka jangan ditanya lagi deh yaa. Beberapa blogger newbie pun saya lihat sudah cukup konsisten meng-update blognya. Saya sendiri akan berhadapan dengan mas @MaschunSofwan dari Jambi, yang ngakunya lebih junior tapi pas saya buka blognya, ternyata dia sangat produktif nge-blog. Duh jadi malu nih saya. Hehe. Salam kenal untuk @MaschunSofwan dan 46 blogger lainnya. Semoga ajang Liga Blogger Indonesia, motivasi saya untuk nge-blog semakin tersulut. :)

Mau tahu siapa saja calon peserta LBI 2015, dan penasaran mau blogwalking ke blog mereka? Ini lho akun Twitter plus link blog-nya!

1@noviisulisvs@Guru5seni8
2@bahruladityavs@feriharjulianto
3@HadiyantoJuniorvs@solihudin73
4@AndresyaSNvs@epatyci16
5@kakdidik13vs@herwanto91
6@BloggerBorneovs@dartoiwan
7@Si_abirafdivs@ivanCOid
8@blu3f4lc0nvs@ibnufahrurroji
9@RuriOnlinevs@MaschunSofwan
10@chikareinvs@ucokeren79
11@AldoGunzvs@pelancongID
12@udafanzvs@KeongTraveler
13@aritsantosovs@prian99a
14@S_AdiFirmansyahvs@bangsatruk
15@IfanAndriPvs@nuzululpunya
16@fennyferawativs@MF_Abdullah
17@adibrizavs@mastahta
18@eminuhavs@SMMezza
19@sutradara_cintavs@rickyclub48
20@rin_mizsipoelvs@Leon_sps
21@Ryu_kerenvs@WE_Dewie
22@AhmadAam5vs@NurtanioR
23@AlfanRenatavs@komburkali
24@lrynlvs@erda_earl

 Yeaay! Let's have fun in LBI 2015. 

22 komentar:

  1. Mba @ruri, bisa aja sanjunganya jd malu, tp mba lebih jauh pengalam dari saya, saya siap kalah mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalah menang harus siap. yang penting itu seru-seruan lombanya, hehe

      Hapus
  2. Yaay! Let's have fun in LBI 2015. i'm agree... :D

    BalasHapus
  3. semoga LBI 2015 bisa makin membuat kita bersemangat dalam ngeblog yaa mbak ruri. semangat semoga bisa melaju ke babak selanjutnya. salam dari blogger wonogiri :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, sukses juga buat mas Ifan ya :D

      Hapus
  4. Wah dementor, pecinta Harry Potter juga niih.
    berbedanya gmn nih?
    semoga kita bisa jadi peserta LBI2014
    Oh iya mbak, bukain biar komennya bisa id dan link dong, mksh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe, makasih udah mampir kemari, Bu Guru.. ok saya coba ubah setting-nya yah.

      Hapus
  5. ahh... saya mau ikut tapi telat daftar :"(

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh.. sayang banget :( semoga tahun depan bisa ikutan ya

      Hapus
  6. Wah, hampir sama dong, saya paling semangat nulis kalo udah kena deadline :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee.. sistem kebut deadline sudah tradisi yah :D

      Hapus
  7. Langsung aja searching ke Google ternyata Wikipedia kasih tau kalo Dementor menghisap segala kenangan kegembiraan dan kebahagiaan seseorang hingga tinggal segala kesedihan dan ketakutan yang tinggal di kepala.
    Waduh...kalo LBI 2015 dianggap Dementor, saya sutradaranya aja ya... hehehe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe, kan Dementor nya kan cuma ibarat mas..

      Hapus
  8. wiii istilah dementor keren juga tuh ruri :D
    kita kudu siapin ilmu buat ngalahin dementor kali ini
    yaitu semangat n konsistensi buat ngeblog :D
    hehehe
    salam kenal n moga sukses menghadapi dementor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. iya mbak, jadi mantra Patronus kita adalah konsistensi ngeblog ya :D

      Hapus
  9. Hasyekkkk... Kompetisi telah dimulai... Tetap semangat ya, tidak ada motivasi untuk saling menjatuhkan disini. Semoga sampai akhir kita tetap berkompetisi secara sehat. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepakat mas @BloggerBorneo :D makasih atas kunjungan nya

      Hapus

Terima kasih untuk komentarnya :)