Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Senin, 17 Februari 2014

Cara Pembatalan Tiket Kereta Api

Rencananya, minggu depan Mama saya akan pulang kampung ke Jawa Timur untuk mengunjungi famili yang baru menikah. Tiket PP kereta api Brantas sudah dibeli. Tapi rencana mudik terpaksa ditunda dulu karena bencana erupsi gunung Kelud. Ujung-ujungnya, tiket mesti dibatalkan deh.

Saya berangkat ke stasiun kota yang terdekat dari tempat tinggal, yaitu Jatinegara, dengan membawa fotokopi KTP Mama dan tentu saja tiket-tiket yang mau dibatalkan dong. Sampe stasiun, antrean di loket 4 lumayan bikin manyun... Setelah antre selama satu jam, akhirnya tiba juga giliran saya.

Saya menyerahkan tiket-tiket yang akan dibatalkan, juga fotokopi KTP sesuai nama yang tertera di tiket. Petugas loket lalu memberi saya formulir pembatalan tiket yang mesti saya isi, antara lain nama penumpang, nomor booking dan nomor seri tiket, pilih uang tiket mau ditransfer ataukah dibayar tunai, dan pilih uangnya mau diambil di stasiun mana. Bentuk formulirnya seperti gambar di bawah ini ya.


Uang tiket  yang akan dikembalikan ke kita adalah sebesar harga tiket dikurangi potongan 25%. Tapi karena bencana alam gunung Kelud yang saya sebut tadi, uang tiket berangkat ke Jawa tertanggal Februari 2014 dikembalikan penuh 100%, saya terima saat itu juga. Sedangkan untuk tiket balik ke Jakarta tertanggal Maret 2014, uang pembatalan baru bisa diambil 30-45 hari setelah tanggal pembatalan tiket dan dikenai potongan 25%.

Eit, jangan ngacir dulu dari loket sebelum petugas memberikan print out tanda bukti pembatalan ya. Di situ ada data nama penumpang, tanggal tiket, tanggal pembatalan, kapan uang tiket bisa diambil kembali, dan berapa jumlah nominalnya.


Di hari pengambilan uang, sebelum berangkat ke stasiun, jangan lupa membawa tanda bukti pembatalan ini beserta kartu identitas penumpang.

6 komentar:

  1. terimakasih sangat bermanfaat dan sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, sama-sama ya ^_^

      Hapus
  2. Mu tanya dong itu harus bawa ktp copy apa aslinya?
    soalnya saya juga mau refund 2 tiket tapi yg satu temen saya ada di sumatra n saya cuma punya copyan ktpnya?

    thanks before

    BalasHapus
  3. Mu tanya dong itu harus bawa ktp copy apa aslinya?
    soalnya saya juga mau refund 2 tiket tapi yg satu temen saya ada di sumatra n saya cuma punya copyan ktpnya?

    thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. utk proses pembatalan pake fotokopi ktp, tapi utk pengambilan uang bawa ktp asli. Uang pengembalian tiket kan bisa via transfer mbak, tidak harus diambil tunai di stasiun.

      Hapus
  4. Bs diambil ssdh hari yg ditentukan ga ya sis, kmrn kadung milih refund sec tunai?

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya :)