Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Rabu, 01 Agustus 2012

[Viva.co.id] VIVA Baru, VIVA Kita


Hari ini, tiba-tiba saya ingin sedikit bernostalgia, ke masa duapuluh tahun silam. Masih ingat nggak, waktu itu surat kabar cetak masih menjadi salah satu sumber informasi utama bagi masyarakat Indonesia? Belum sah rasanya pagi hari kalau belum membaca satu-dua berita hangat di halaman depannya. Yang dimaksud berita hangat di sini adalah hal-hal penting atau bersejarah yang terjadi satu hari sebelum surat kabar edisi tersebut terbit.

Surat kabar cetak
Tapi zaman terus berubah. Selalu ada inovasi teknologi setiap hari, mulai dari sistem pemancar televisi yang lebih canggih, telepon seluler yang semakin pintar, dan tentu saja jaringan internet yang kian luas. Tren media massa pun bergeser, dari media cetak menjadi media digital yang dapat diakses via internet.

Selain lebih ramah lingkungan karena menghemat kertas, media digital unggul karena keterkiniannya dan keleluasaan aksesnya. Lewat media massa online, peristiwa-peristiwa yang terjadi di seluruh dunia bisa tersiar di layar komputer di hadapan kita dalam waktu beberapa jam atau bahkan hitungan menit saja! Media digital benar-benar mengubah definisi berita hangat ala surat kabar cetak menjadi “berita heboh kemarin adalah berita basi hari ini”, atau malah “berita heboh satu jam lalu adalah berita basi detik ini”.

Tak heran jika kemudian di dunia maya bermunculan portal berita Indonesia. Salah satunya yang menjadi tempat berselancar favorit saya adalah Vivanews. Portal berita yang dikelola oleh PT. Viva Media Baru ini berdiri sejak 2008. Vivanews berusaha menyajikan informasi yang tajam secara cepat dengan terus-menerus memperbarui konten beritanya selama 24 jam selama seminggu. Yup, 24/7.

Vivanews.com
Sesuai isinya, berita dikelompokkan menjadi berbagai kategori seperti Politik, Bisnis, Sainstek dan Sport yang memuat berita secara ringkas-padat, hingga Sorot dan Fokus yang khusus mengupas tuntas satu topik terhangat. Nggak cuma berisi berita yang serius-serius, Vivanews ternyata juga punya konten yang menghibur pada kanal Life lho. Informasi seputar showbiz, gaya hidup, travelling, kuliner, sampai kesehatan dan seks, semua ada di sini. Komplit kan? Yang seru lagi, semua informasi itu disajikan dengan mengkombinasikan teks, foto, video dan suara secara kreatif. Untuk netizen yang menyukai situs pertemanan dan hobi berdagang, bisa bergabung dan di kanal Socio dan Commerce. Di sini kita bisa menjalin pertemanan, dan siapa tahu dapat costumer baru yang tertarik dengan produk jualan kita.  

Beberapa waktu lalu, saya sempat terkejut saat berkunjung ke Vivanews. Banyak yang berubah! Ya, portal berita ini ternyata punya wajah baru, yang menurut saya lebih keren. 

viva.co.id
Alamat yang saya tuju yaitu vivanews.com rupanya sudah berganti domain menjadi viva.co.id. Ini seolah mengukuhkan eksistensi VIVA sebagai portal milik anak bangsa, apalagi dengan warna tampilan merah-putih.

Pilihan font huruf untuk tulisan judul viva.co.id sudah tepat, terkesan simpel tapi classy. Tampilan wajah VIVA yang semula didominasi warna merah nge-jreng, juga berubah jadi lebih kalem tanpa menanggalkan ciri khas warna merah-putihnya. Halaman VIVA tampak lebih praktis dengan kanal-kanal yang tersusun rapi di bagian atas. Ketika kanal disorot dengan kursor tetikus akan muncul pilihan kategorinya. Saya pun bisa dengan mudah memilih kategori berita atau blog yang ingin dibaca. Atau, kalau sedang nggak sempat berselancar lama, cukup scroll down sebentar untuk melihat headlines dari berbagai kategori berita dan saya bisa langsung meng-klik berita yang paling menarik. Mau berupa teks atau video, tinggal pilih kok!

Untuk mengakses semua itu, saya nggak harus duduk manis di depan komputer atau menenteng laptop kemana-mana. Soalnya, Viva punya program Viva Everywhere yang menyediakan aplikasi Viva untuk Blackberry, Android, iPad, Symbian, desktop alert untuk PC, Facebook, dan Twitter. 

Viva Everywhere
Saya sendiri sudah mengunduh aplikasi VIVA untuk ponsel Android saya. Jadi, kapanpun dan di manapun saya beraktivitas, cukup dengan koneksi internet saya tetap bisa leluasa mengikuti perkembangan informasi terkini yang ada di Indonesia maupun mancanegara. It’s like having the world in the palm of my hand!

Well, life is change. Hidup memang nggak seru tanpa dinamika dan perubahan. 

Keep moving, keep changing
Begitu juga dengan VIVA, yang tampil makin cantik dengan wajah barunya. Meski begitu, ada dua hal yang saya harap tidak akan berubah dari VIVA.

Pertama, dan yang paling saya suka dari VIVA adalah upayanya melibatkan para pengunjung setianya untuk saling berbagi cerita, berita dan informasi. Pada kanal Forum, misalnya, para netizen bisa menyumbangkan artikel yang akan ditampilkan di VIVA. Atau, kita dapat menulis konten di blog masing-masing, di-submit ke kanal Blog untuk kemudian diedit dan ditampilkan di kanal Blog VIVA. Para pembaca blog bisa memperoleh informasi baru, sementara penulis blog pun mendapatkan traffic kunjungan yang tinggi.

Kedua, komitmen VIVA untuk menerapkan standar jurnalisme yang berkualitas dalam meliput peristiwa dan menyajikan berita, demi mencerdaskan bangsa. Ffiuh, kedengeran berat banget ya? Ini adalah janji VIVA kepada masyarakat Indonesia. Saya harap, VIVA menepati janji itu dengan tidak sekedar menjadi yang terdepan dalam menyampaikan informasi, tapi juga selalu berusaha memberikan informasi yang benar dan obyektif tanpa pengaruh tokoh atau organisasi manapun.

Ya, karena VIVA bukan milik segelintir orang. VIVA adalah milik saya, kita, bangsa Indonesia.

*





4 komentar:

  1. makin rame saja yang ikut kontes review viva makin bagus...beragam cerita tersaji. keep writing ya...

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya :)