Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Jumat, 13 Maret 2015

Cara Nge-print Hemat dengan Fine Print


Setelah hampir sepuluh tahun lamanya tak bersentuhan dengan dunia akademis, kini saatnya saya kembali mengasah otak yang berkarat. Senang rasanya berada di antara teman-teman, yang mayoritas lebih muda, cerdas dan semangat belajarnya masih tinggi. Semoga saya segera ketularan berpikir dan berjiwa muda ya (walau umur tetep ngga akan bisa kembali muda, hahaha). ^_^  

Senang pula saya bisa menimba ilmu dari dosen-dosen yang sudah sangat senior namun tak pernah berhenti belajar. Selain mengajar di kampus, mereka juga tak segan membagi ilmunya dengan menulis makalah di jurnal ilmiah atau menulis buku. Bagi saya, mereka adalah contoh nyata bahwa learning is a lifetime process!  

Saya pun mulai disibukkan dengan kuliah, tugas dan persiapan ujian. Sering kali saya harus mencetak dokumen bahan kuliah atau tugas presentasi, yang tentu saja butuh amunisi kertas dan tinta printer cukup banyak.

Dari seorang teman di kampus, saya baru tahu ada program komputer bernama Fine Print yang bisa membantu kita nge-print dokumen tapi tetap hemat kertas dan tinta. Kemana aja ya sayaaa? Hihihi... Maklumlah mantan mahasiswi angkatan jadul. 

Program Fine Print bisa diunduh di internet, dengan pilihan versi gratis atau berbayar. Saya baru mencoba yang versi gratis saja, untuk mencetak slide presentasi. Ternyata hasilnya lebih memuaskan dibandingkan fitur print biasa yang ada di program Microsoft Powerpoint. 

Dengan fitur biasa, hasil print-out slide tampak kecil. Agar tulisan pada slide masih bisa terbaca dengan jelas, maksimal kita hanya bisa mencetak 6 slide dalam satu halaman kertas A4. Itu pun masih menyisakan banyak tempat kosong di kertas. Mubazir rasanya. *emak-emak irit*

Dengan Fine Print, saya bisa mengatur agar isi slide tercetak dengan ukuran diperbesar. Sangat nyaman dibaca! Selain itu, saya juga bisa nge-print 8 slide per halaman kertas A4. Contoh hasil print-out seperti yang tampak di bawah ini. 

Hasil uji coba nge-print.
Atas: fitur biasa. Bawah: Fine Print
Kalau kamu tertarik mencoba, silakan kunjungi situsnya di www.fineprint.com atau unduh program Fine Print di sini. Buka dokumen Powerpoint yang ingin dicetak, lalu tekan tombol Ctrl + P bersamaan hingga muncul menu Print seperti ini:



Klik tanda panah bawah di samping jenis printer, pilih menu "Fine Print".




Setelah itu, amati kolom kosong di bawah menu "Custom Range". Tuliskan nomor-nomor slide yang ingin dicetak, misalnya 1-8. Atau pilih saja "Print All Slides" untuk mencetak seluruh slide yang ada di dokumen tersebut. 

Untuk jumlah slide yang ingin dicetak dalam satu halaman kertas, pilihlah "Full Page Slide" alias print 1 slide per page. Jangan kuatir, nanti jumlah slide per halaman bisa kita atur pada menu terpisah milik Fine Print. Bila ingin dokumen tercetak dengan warna abu-abu atau tinta hitam-putih, gantilah menu "Color" dengan "Grayscale" atau "Pure Black and White".




Sudah selesai? Klik kotak bergambar printer. Akan tampil kotak dialog Fine Print seperti ini:


Pilih menu "Across" bila kamu menghendaki slide dicetak berurutan dari kiri ke kanan. Selanjutnya, pilih menu "8 up" untuk mencetak 8 slide per halaman kertas. Kalau ingin lebih irit tinta lagi, pilih menu "Enlighten" supaya hasil print-out lebih tipis lapisan tintanya. 

Untuk memperbesar ukuran huruf/ gambar isi slide, pilih "Enlarge" dan atur perbesaran yang dikehendaki. Selain itu, kamu bisa meng-klik "Borders" jika ingin ada garis pemisah antara slide satu dengan lainnya, seperti yang ada di gambar tadi.

Setelah selesai mengatur menu sesuai kebutuhan, klik gambar printer di sudut kiri atas layar. Contoh hasil print-out dengan program Fine Print bisa dilihat pada gambar pertama postingan ini. 

Ohiya, dari yang saya baca di mas Google, program cetak hemat ini bisa juga dipakai untuk nge-print dokumen PDF dan Word, tapi saya belum pernah coba. Berhubung saya masih pada taraf coba-coba memakai Fine Print, jadi jangan tanya yang ribet soal program ini deh. Kalau ada yang mau menambahkan tutorial Fine Print yang lebih lengkap, silakan share yaa, bakal saya terima dengan amat senang hati. Hehehe. :)

3 komentar:

  1. Alhamdulillah, saya jd mudah ngprint ppt,tanpa takut mubazir kertas dan tulisanya jg jd besar, trimaksih, sangat membantu.

    BalasHapus
  2. owh jadi dibawah menu Custom Range yah

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya :)