Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Kamis, 22 Januari 2015

Aplikasi Android Praktis untuk Penumpang Commuter Line

Sebagai pengguna Commuter Line, dulu saya sering ketinggalan kereta gara-gara ngga hafal jadwal. Atau sebaliknya, manyun di stasiun karena ternyata kereta yang dinanti baru akan datang satu jam lagi.

Baru beberapa bulan lalu saya menemukan aplikasi InfoKRL di Google Playstore (basi banget ngga sih.. -_-). Dengan aplikasi yang dirilis resmi oleh PT. KAI Commuter Jabodetabek ini, kita bisa mengecek jadwal Commuter Line  di stasiun tertentu. Jadi leluasa mengatur waktu perjalanan menuju stasiun tersebut, tanpa harus ketinggalan kereta apalagi kelamaan menunggu kereta.

Pada halaman pertama aplikasi, ada 3 menu yang bisa dipilih yaitu Posisi, Jadwal, dan Peta Rute. Di bagian bawah layar ada akun media sosial Facebook dan Twitter milik PT. KAI CJ, siapa tahu sebagai pengguna jasa kita pingin kasih masukan tentang layanan CL atau justru curhat pribadi ke adminnya. Hehe.


Posisi
Di sini kita bisa memilih satu stasiun dan mendapatkan informasi kereta jurusan mana saja yang melintas di stasiun tersebut, posisi kereta saat ini ada di mana, dan di peron berapa kereta akan berhenti. Misal, pilih nama stasiun "Manggarai" dan tap ikon kaca pembesar di sebelah kanan... 


Maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Nah, berarti pada saat kita mengunakan aplikasi ini, ada dua kereta CL di stasiun Manggarai yaitu jurusan Kampung Bandan-Bogor yang tersedia di peron 6, dan jurusan Tanah Abang-Jakarta Kota yang tersedia di peron 2. Untuk posisi kereta-kereta jurusan lainnya sedang ada di mana, bisa dilihat juga di halaman ini.


Jadwal
Pada halaman ini kita bisa memasukkan nama stasiun dan memilih rentang waktu untuk mengetahui jam berapa saja keberangkatan kereta CL saat itu. Misalnya, masukkan nama stasiun "Manggarai"dan rentang waktu dari pukul 07:00 sampai pukul 08:00...


Maka akan kita lihat informasi di bawah ini, yang memberitahukan kereta tujuan mana saja yang akan berhenti di stasiun Manggarai sejak pukul 07:00-08:00. Untuk lebih memudahkan kita melihatnya, setiap tujuan diberi warna yang berbeda. Misalnya, kereta tujuan Bogor (warna hijau) akan sampai di stasiun Manggarai pukul 07:05. Setelah itu, akan ada lagi kereta tujuan Bogor pada pukul 07:13. 


Peta Rute
Peta ini akan berguna untuk pengguna kereta Commuter Line yang ngga hafal urutan nama-nama stasiun yang bakal dilewati (saya, misalnya. Duuh... -_-), atau di mana harus transit dan berganti kereta. Biasanya, kalau saya bepergian naik Commuter Line ke tempat yang kurang familier, saya selalu mengecek peta ini untuk melihat berapa stasiun yang akan saya lewati sebelum sampai di stasiun tujuan. Ngga mau kan sampe kebablasan jauh dari tempat yang dituju? Hehehe.


Aplikasi InfoKRL bisa diunduh via Playstore di sini. Sejauh ini, menurut saya aplikasinya mudah dipakai dan tak pernah hang, selama koneksi internet lancar. Tapi agak disayangkan, warna tampilannya cenderung kaku dan monoton. Hmm, bakal lebih saru kali ya misalnya aplikasi ini disertai menu tema dengan warna-warna yang bisa kita pilih sendiri. Semoga saja PT. KAI Commuter Jabodetabek mau meng-upgrade tampilan aplikasi ini.

2 komentar:

  1. Wah keren nih, cocok buat yang belum pernah naik jadi bisa membantu,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, saya yg sering naik CL aja merasa terbantu banget oleh aplikasi ini. Mudah2an bisa bermanfaat jg untuk pengguna CL lain :)

      Hapus

Terima kasih untuk komentarnya :)