Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Sabtu, 10 November 2012

Sup Krim Daging


Minggu ini Jakarta hampir setiap hari diguyur hujan. Udara ibukota yang biasanya panas dan suhunya bisa mencapai 33 derajat celcius, jadi lebih sejuk. Jam lima pagi tadi saja, waktu saya lirik termometer ruangan, ternyata suhunya 29 derajat celcius, saudara-saudara! :D *loncat ke atas kasur, tarik selimut*

Dingin-dingin begitu, saya jadi ingin sarapan sesuatu yang hangat dan berkuah. Bukan, bukan mi instan rebus pake telur dan cabe rawit ya! :p Saya pun mengecek isi kulkas. Jangan-jangan kosong. Syukurlah, ternyata ada sedikit daging di freezer. Juga ada susu cair yang kemarin lusa saya beli di minimarket, dan jagung manis. 

Saya buka-buka buku resep Bu Sisca Soewitomo--dibeliin sama suami sebagai "permintaan tersirat" supaya saya bikin masakan yang lebih variatif, hehehe. Lalu, saya putuskan bereksperimen membuat sup krim. Di bukunya sih sup krim ayam, tapi berhubung di kulkas saya adanya sapi, yo wis lah judulnya saya ganti jadi sup krim daging.

Saya suka sekali makanan bertekstur creamy seperti ini, tapi baru kali ini mencoba membuat sendiri. Bahan-bahan yang dibutuhkan cukup sederhana:


  1. 1 buah bawang bombai, cincang halus.
  2. 2 sendok makan margarin 
  3. 2 sendok makan tepung terigu
  4. 1 liter susu cair plain (warna putih, tanpa rasa) 
  5. 1 buah dada ayam (yang saya ganti dengan 250 gram daging sapi), rebus hingga matang lalu potong-potong seukuran 2 cm. 
  6. 250 ml air kaldu ayam/sapi sisa rebusan daging ayam/sapi
  7. 1 buah jagung manis, sisir. Gunakan pisau, bukan serit! *Plaaakk!*
  8. Jamur kancing kalengan (yang ini saya coret, abis kudu nyari ke supermarket dulu sih :p )
  9. Garam secukupnya
  10. Merica secukupnya
  11. Daun peterseli, cincang halus (ini juga saya coret, alasannya idem sama nomor delapan -.-" )
Cara bikinnya juga sama sekali ngga ribet kok:
  1. Panaskan margarin, tumis bawang bombai cincang hingga berbau harum. Harum bawang lah ya, bukan harum melati. *ditoyor pake panci*
  2. Masukkan tepung terigu, aduk rata, lalu masukkan air kaldu, susu cair, garam, merica, daging, dan jagung manis yang sudah disisir. Buat yang pake jamur kancing, masukkan juga jamur di sini. Aduk rata hingga mendidih.
  3. Jadi, deh! Taburi dengan peterseli cincang, kalau ada. Sajikan hangat-hangat. 
Kalau mau lebih sip, bisa bikin garlic bread untuk teman makan sup ini. Roti perancis yang panjang kayak pemukul bola kasti itu, diiris-iris, lalu diolesi campuran mentega, bawang putih cincang, garam dan merica. Roti ini lalu dipanggang di oven atau di atas wajan anti lengket. 

Siapa bilang memasak itu susah? 

Just go and have some experiments. ;D


Sup krim hasil eksperimen saya ^__^

1 komentar:

  1. Wahh boleh sekali nih buat eksekusi daging kurban hehe
    Makasih resepnya mba..
    Salam kenal ya :-)

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya :)