Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Minggu, 25 November 2012

Sejarah Spageti


Aaah, hari Minggu pagi! \^o^/ Sudah sarapan? Setelah memasak spageti Bolognaise kemarin, saya jadi penasaran nih tentang sejarah pembuatan spageti. Selama ini saya pikir makanan dari jenis pasta ini adalah kuliner asli Italia. Tapi beberapa info yang saya dapatkan dari Google ternyata menunjukkan bahwa mungkin spageti bukanlah dari negeri Menara Pisa itu.

Dalam bahasa Italia, kata "spaghetti" adalah bentuk jamak dari kata "spaghetto" yang  berasal dari kata "spago". Spago berarti tali. Cocok lah ya sama bentuknya, hehe. Selain spageti yang sering kita temui, ada jenis-jenis spageti yang lain, misalnya spaghettoni dan vermicelli. Spaghettoni ini diameternya lebih tebal dari spageti, dan butuh waktu agak lama untuk dimasak. Sebaliknya, vermicelli jauh lebih langsing dari spageti, sampai-sampai disebut juga sebagai angel hair spaghetti dalam bahasa Inggris. Haha, ada-ada aja ya? 

spaghettoni
vermicelli
Marco Polo--sang penjelajah terkenal dari Italia itu, diperkirakan telah membawa makanan ini ke tanah airnya usai ekspedisi ke Cina pada tahun 1295. Tapi sumber lain menyebutkan adanya bukti bahwa spageti sudah lama ada di Italia, bahkan jauh sebelum ekspedisi Marco Polo ke Cina. 

Orang-orang Yunani dan Romawi kuno juga biasa menyantap sejenis makanan yang mirip dengan (dan mungkin memang benar) spageti, hanya saja mereka memasaknya di atas batu. Orang-orang Arab menyantap sejenis mie yang direbus seperti pasta, dan kemungkinan mereka inilah yang memperkenalkan pasta itu pada orang-orang Italia selama penaklukan Sisilia.

Spageti menjadi populer di Italia, sedikit banyak karena Iklim di Italia yang memang cocok untuk tanaman gandum Durham. Dari gandum Durham ini didapatkan semolina, semacam tepung untuk bahan pembuatan spageti. Dulu, spageti biasa dimakan kering kayak kerupuk lho. Tapi begitu orang-orang Italia menyadari betapa yummy-nya paduan pasta dan tomat, mereka berlomba-lomba menyantap spageti dengan saus dari olahan tomat. 


By the way, udahan dulu ya topik spagetinya. Jadi laper nih. -___-"

*

3 komentar:

  1. wow ada kemungkinan bangsa arab yaa yang perkenalkan pasta :D

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya :)