Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Kamis, 03 Juli 2014

Cara Memasang Widget "Related Post" di Blog

Tampilan blog saya setelah pasang widget baru ;)

Aduuh, kenapa saya kudet banget ya? Orang-orang sudah pada pasang widget ini di blog sejak kapan tahu, dan saya baru penasaran pingin tahu cara bikinnya. :D Kelebihan memakai widget ini adalah, menampilkan beberapa judul postingan yang berkaitan dengan postingan yang sedang dibaca oleh pengunjung blog. Diharapkan, pengunjung blog bakal tertarik membaca postingan-postingan itu. 

Ibarat tamu datang ke rumah kita untuk numpang minum karena haus, selain dikasih minuman dingin kalau ditawari cemilan lain mudah-mudahan kan ngga nolak ya? Justru jadi betah bertamu di rumah kita. Kurang lebih begitulah tujuan widget "Related Post" atau "You Might Also Like".

Mulailah saya ngulik-ngulik mbah Google yang serba tahu itu, nyari tutorial membuat widget. Awalnya ketemu blog-blog copas yang ngga jelas dan banyak banget iklannya, sampe untuk membaca tulisan di situ pun susah karena ketutupan reklame. Lalu ada juga yang agak ribet dan bikin binun karena ngga sesuai dengan kode template blog saya.

Alhamdulillah, saya menemukan tutorial paling simpel di LinkWithin. Caranya tetap saya tulis di blog, walau tutorial serupa sudah banyak bertebaran di Google. Yah, siapa tahu ada yang lebih kudet dari saya dan baru mau pasang widget ini, hehe. 

Cukup melengkapi data alamat e-mail, link blog, dan jumlah postingan yang ingin ditampilkan di widget. Oya, di kotak Platform, pilih yang Other saja. Awalnya saya pilih Blogger tapi gagal terus. Sudah komplit terisi? Klik Get Widget!


Lalu, edit HTML blog kamu dengan meng-copy deretan kode yang ada di LinkWithin


Cari kode <\body> pada HTML blog kamu dengan bantuan kotak pencari (ketik Ctrl F untuk memunculkan kotak pencari). Sudah ketemu kodenya? Nah, paste kode yang sudah di-copy dari LinkWithin tadi, pada baris sebelum kode <\body>.


Setelah itu, klik Save Template, dan cek tampilan baru blog kamu. Selamat mencoba yaa.

8 komentar:

  1. Halo, Kak :)
    Selamat ya, Kakak mendapatkan kado dari aku. Diterima, ya. Terima kasih :D

    The Liebster Award
    http://lajengpadma.blogspot.com/2014/07/the-liebster-award-perdana.html

    BalasHapus
  2. makasih tipsnya ya kakak ^^

    BalasHapus
  3. - Sapa tau ada yg lebih kudet dari saya -
    Hahaha saya menyerahkan diri dah.. lebih kudet.. heheh
    Makasi pembelajaran nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal.. sesama orang kudet ya, haha :D

      Hapus
  4. terimakasih atas infonya,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, thanks sudah meninggalkan jejak di blog ini ya

      Hapus
  5. wah sangat bermanfaat sekali, terima kasih

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya :)