Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Rabu, 05 Desember 2012

5 Aplikasi Mudah Pengedit Foto untuk Android

Sejak memiliki ponsel pintar berbasis android dua tahun lalu, rasanya belum bosan-bosan saya mengunduh dan menjajal ratusan aplikasi dari Google Playstore, termasuk aplikasi pengedit foto. Cukup dengan memilih-milih efek, filter, atau frame, foto hasil bidikan kamera ponsel beresolusi pas-pasan pun bisa disulap jadi keren dalam sekejap! Ingin berbagi foto dengan teman-teman? Usai mengutak-atik foto, kamu bisa mengunggah foto hasil olahanmu sepuasnya di blog atau akun jejaring sosial.

Kalau memori ponsel mulai protes karena kepenuhan, tinggal hapus saja beberapa file atau aplikasi yang tidak kamu butuhkan, supaya aplikasi baru bisa nyempil di ponselmu. Hehehe.

Di Google Playstore, bertaburan aplikasi-aplikasi pengedit foto dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Beberapa di antaranya pernah saya coba dan hapus karena kurang puas dengan performanya. Ada pula beberapa yang masih saya pakai sampai sekarang. Berikut adalah 5 aplikasi pengedit foto yang menurut saya sangat user friendly dan layak kamu coba.

Aplikasi ini punya pilihan efek dan frame foto yang cukup unik dan variatif. Misalnya, pada foto di bawah ini saya menggabungkan beberapa efek sehingga tampak seperti foto antik yang agak lusuh. ;D 

gambar dari sini

Pas banget kalau kamu mencari aplikasi yang memungkinkan kamu membuat kolase. Kamu bisa bebas memilih foto-foto yang ingin kamu gabungkan, baik dari galeri ataupun jepret langsung dengan kamera ponsel. Lalu, kamu juga bisa menambahkan frame dan teks pada kolase yang sudah dibuat. ;) 

gambar dari sini

Nah, ini salah satu aplikasi favorit saya dan masih saya pertahankan sampai sekarang :-* Pilihan filter-nya komplit, mulai dari sephia, hitam-putih, sampai lomo.  Kalau wajahmu lagi kusam atau jerawatan, coba filter magic skin deh.. Voila! Wajah kamu berubah putih mulus. Hehe. Atau pilih filter magic color lalu red agar foto hanya berwarna di bagian tertentu saja (yaitu yang berwarna merah), selebihnya hitam-putih seperti foto ini.

gambar dari sini
Sayangnya, aplikasi ini cukup berat di ponsel saya. Kadang-kadang nge-hang sampai saya harus me-restart ponsel :(

Photo Art
Mirip dengan filter magic color-nya Camera360 Ultimate, aplikasi ini bisa menampilkan foto yang berwarna di bagian tertentu saja. Tapi caranya sedikit berbedanya. Pilih foto yang hendak diolah. Foto ini awalnya akan berubah menjadi hitam-putih. Lalu pilih kuas dengan ketebalan yang diinginkan dan mulailah mengarsir bagian foto yang ingin diubah kembali ke warna aslinya. Contohnya seperti ini.


gambar dari sini
Kekurangannya, aplikasi ini kurang enak dipakai dengan jari di layar sentuh. Rasanya seperti mewarnai gambar dengan pensil warna yang tumpul, jadi terkesan kurang rapi karena ada goresan-goresan warna yang "keluar garis" di sana-sini. Mungkin aplikasi ini akan lebih sip ya kalau dipakai dengan stylus pen.


Dengan aplikasi yang ini, kamu bisa mengubah foto menjadi sketsa pensil biasa, pensil warna, krayon, print, cat air, dan sebagainya dengan beberapa pilihan ketebalan. Jadi kamu bisa pilih, mau sketsa tipis saja atau sketsa yang "medok" hitam-putih, misalnya. Saya sendiri sih puas banget dengan sketsa hasil olahannya. ^^

gambar dari sini

Punya aplikasi-aplikasi lain yang kamu suka? Share juga di sini ya! :D

*

28 komentar:

  1. iriii... pngen punya android. aplikasinya keren2..
    aku cuma punya BB, aplikasi edit fotonya terbatas bangett,,, T__T

    -dev-

    BalasHapus
    Balasan
    1. *pukpuk Dev* hihihi..terprovokasi untuk beralih gadget?

      Hapus
  2. wah tterima kasih,....akhirnya nemu juga aplikasi yang lain selain instagram, yang nnggak tau rusak kalo dipake... :(

    BalasHapus
  3. Info Bagus Banget , Ijin COPAS ya

    BalasHapus
  4. Wahhh, sayang sekali saya belum punya HP dengan OS Android, Sob. Jadinya kalau pingin edit foto mesti harus ditransfer dulu ke kompute :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. share dong Mas program photo editor yg gampang buat newbie. aku sinau sotosop ga mudeng-mudeng je, hehehe

      Hapus
  5. saya biasanya pake photo wonder mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. unyu sih tapi terlalu gede untuk didonlot di hapeku, Dinie.. maklum android jadul ;p

      Hapus
  6. saya juga love banget sama camera360 ultimated mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. asik ya. aku paling suka pake magic skin, apalagi kalo lagi jerawatan,xixixi

      Hapus
  7. waa makasih infonya..
    slama ini cuman pake photoshake, kurang seru hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mencoba ya, say.. awas ketagihan foto narsis :3 hehe

      Hapus
  8. good info..patut dicoba nih :)

    BalasHapus
  9. Foto yg terakhir,yg sketch guru it,app gabungin fotox it pake app ap?:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gabungin fotonya pake aplikasi Photo Grid, bisa diunduh di google playstore ;)

      Hapus
  10. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  11. biasanya cuma pake instagram aja :D

    BalasHapus
  12. hampir saya pernah coba semua kecuali yang pertama itu,
    kalau di android aviary bagus juga kok :))

    BalasHapus
  13. saya pake camera 360 aja yang gampang ga berbelit belit

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya :)