Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Rabu, 11 Juli 2012

Jangan Lupa Nyoblos!



Hari ini, tanggal 11 Juli 2012, sebuah agenda penting akan berlangsung di seantero DKI Jakarta: Pilkada 2012. Pemilihan kepala daerah tahun ini diikuti oleh enam pasangan cagub-cawagub. Rame juga ya... -.-
Ada beberapa teman saya yang bingung akan memilih siapa. Ada juga yang skeptis dan memilih golput, karena nggak yakin siapapun gubernur yang terpilih nanti akan mampu dan sungguh-sungguh mau memperbaiki Jakarta, kota metropolitan dengan seribu satu problema. 

Buat saya pribadi, golput adalah sikap yang apatis dan tidak bertanggung jawab. Kalau alasannya adalah karena minimnya informasi tentang kiprah peserta Pilkada selama ini, ya gali dong informasi itu. Lalu pilihlah satu calon yang memiliki track record bersih, cara kampanye yang fair dan program kerja yang konkret realistis, tidak sekedar mengumbar janji-janji muluk. Kalau alasannya karena tidak ada calon yang sreg di hati, masa sih sudah disodori enam pilihan masih bilang begitu. Setidaknya, pilih yang mudharatnya paling kecil. 

Bagaimanapun, setiap suara kita sangat berharga untuk menentukan masa depan Jakarta.
 Tidak memilih siapapun berarti memilih untuk tidak peduli pada nasib Jakarta esok hari.

Jujur, meski selama ini saya tercatat sebagai warga kota Bekasi, aktivitas saya sejak dulu lebih banyak mengharuskan saya wara-wiri di wilayah Jakarta. Sekolah? Di Jakarta. Kantor tempat saya bekerja sekarang? Di Jakarta juga. Jadi mau tidak mau saya ikut merasakan keluhan-keluhan yang dialami para Jakartans: kemacetan lalu lintas, banjir, ancaman kejahatan preman dan copet, mangkirnya jadwal KRL Commuter Line, dan lain-lain. 

Selama ini, saya tidak bisa banyak berbuat. Saya tidak bisa sewot mengkritik pemerintahnya, tidak boleh menuntut macam-macam, karena saya bukan yang empunya kota ini. Bukan orang Jakarta.

Tapi Pilkada kali ini berbeda. Saya sudah resmi ber-KTP Jakarta. Saya punya hak untuk memimpikan (dan kewajiban untuk mengupayakan) Jakarta yang lebih baik. Kewajiban itu akan saya penuhi, diawali dengan datang ke TPS dan memberikan suara pada ajang Pilkada hari ini. 

Ayo, Jakartans, gunakan hak pilih kamu. Jangan lupa nyoblos ya! :)

*

8 komentar:

  1. Selamat memilih semoga ga salah pilih :)

    BalasHapus
  2. saya kemarin goput, tapi besok tgl 20-9-2012 aku milih jokowi saja, siapa tau jkt jadi lebih bagus dan nyaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat nyoblos ya mbak, September nanti :D

      Hapus
  3. masalahe yang golput itu ada juga tidak terdata, malah mau nyoblos tidak punya hak suara

    BalasHapus
    Balasan
    1. yg golput itu bukannya yg terdata tp tdk datang nyoblos ya, Bang guru? :) tp soal ini bs jd pelajaran jg. Lima tahun lg, begitu tahu diri ngga terdata, langsung buru-buru lapor sama pak RT/RW kali ya..

      Hapus

Terima kasih untuk komentarnya :)