Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Jumat, 13 Maret 2015

Blogger di Persimpangan Jalan


Di pekan kesepuluh ini, tema yang dilemparkan panitia Liga Blogger Indonesia sedikit bikin saya galau: "Menjadi Blogger Profesional".

Seperti biasa, sebelum menulis saya cari wangsit alias referensi dulu dengan bertanya ke mas Google. Alhasil, sampailah saya di blog-blog keren, yang pemiliknya tak pernah saya kenal namun saya bisa belajar banyak dari kisah mereka. Perjalanan sukses mereka sebagai blogger profesional cukup berliku; kebanyakan memulai dari nol, dan dengan usaha yang tak mudah akhirnya mampu meraup penghasilan fantastis dari blognya.

Kisah-kisah yang mereka tuturkan di blognya, saya rangkum sekilas menjadi tulisan Tertarik Menjadi Blogger Profesional. Dari tanggapan yang masuk di kolom komentar mau pun di media sosial, ternyata banyak juga blogger yang berambisi menjadi blogger profesional.

Bagaimana dengan saya?

Saya menjadi blogger dengan niat awal menyenangkan diri sendiri. Saya bukan orang yang suka atau pun pandai bicara, dan sangat menikmati mencurahkan isi hati dan pikiran lewat tulisan. Selain itu, saya berharap sedikit pengalaman dan pengetahuan yang saya bagi di blog manfaatnya bisa menjangkau lebih banyak orang ketimbang kalau saya cuma meng-estafetkan semua itu lewat penyuluhan tatap muka, misalnya. Lebih hemat waktu dan tenaga pula. 

Sampai sekarang pun, saya masih enjoy jadi blogger biasa seperti ini. Bahwa tulisan saya bisa berguna untuk pembaca, itu adalah imbalan yang sangat memuaskan. 

Sebetulnya, ada keinginan untuk menjadi blogger profesional, bahkan sudah terbayang tema blog apa yang akan saya gunakan. :) Tapi proses yang akan saya hadapi masih panjang. Saya masih belajar pelan-pelan tentang seluk-beluk ngeblog. Juga ada kewajiban-kewajiban lain yang harus saya prioritaskan sehingga belum bisa seperti teman-teman blogger lain yang konsisten setiap hari menulis di blognya, bahkan ada yang punya beberapa blog sekaligus dan tiap hari di-update isinya. Dengan tulisan sendiri ya. Bukan hasil copas dari blog orang lain! 

Salut untuk mereka yang sudah mantap memilih jalan untuk menjadi blogger profesional atau pun tetap menjadi blogger yang blogging just for fun. Salut untuk blogger yang berhenti dari fulltime job-nya untuk menjadi fulltime blogger, mau pun untuk part-time blogger yang tetap konsisten ngeblog di sela-sela padatnya aktivitas harian.

Jalan mana pun yang kita pilih di persimpangan, wahai blogger, blogosphere akan selalu mempertemukan kita. ;)

3 komentar:

  1. Persis. Saya juga sempat berpikiran gitu (pengin jadi blogger profesional n mencurahkan waktu khusus buat blog aja). Tapi ya udah, jalani aja yang sekarang. Menyenangkan, kok. ^_^

    BalasHapus
  2. Pada dasarnya ngeblog itu sebuah aktivitas yang nyaman banget buat mencurahkan isi hati :)

    BalasHapus
  3. blogging just for fun bisa ke fulltime blogger. yang penting niat awalnya sih kakak ruri..

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya :)