Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Selasa, 10 Juli 2012

Hong Kong Summer Spectacular 2012


Siapa sih yang nggak setuju bahwa Hong Kong adalah salah satu tempat tujuan wisata terpopuler di dunia, yang dikunjungi jutaan turis setiap tahunnya? Menurut Hong Kong Tourism Board, tercatat jumlah kunjungan ke Hong Kong sepanjang tahun 2010 mencapai 36 juta kunjungan! Selain menjadi surga belanja bagi para penggemar produk fashion rancangan desainer ternama, Hong Kong memang memiliki daya tarik kultural yang bikin penasaran dan menggoda dijelajahi.
Sebagai salah satu wilayah Republik Rakyat Cina, Hong Kong pernah jatuh ke tangan Inggris melalui Perjanjian Nanking pada tahun 1842. Lebih dari satu abad kemudian, yaitu pada 1 Juli 1997, Hong Kong akhirnya kembali ke pangkuan Cina dan hingga saat ini diakui sebagai wilayah administratif khusus. Ini memungkinkan Hong Kong untuk mempunyai hak otonomi, antara lain bebas mempertahankan sistem perdagangan bebas dan sistem demokrasi.
Dari sejarah itu, Hong Kong berkembang menjadi wilayah industri dan perdagangan yangmodern, tanpa kehilangan nuansa budaya tradisional Cina yang dimilikinya. Pariwisata adalah salah satu bidang industri yang sangat gencar dipromosikan oleh pemerintah Hong Kong. Salah satu event pariwisata tahunan yang diselenggarakan besar-besaran adalah Hong Kong Summer Spectacular.
Bermacam acara seru dan unik siap memeriahkan perayaan musim panas yang dihelat oleh Hong Kong Tourism Board (HKTB) ini, mulai dari wisata belanja, budaya, sampai pertunjukan seni bela diri Shaolin dan Wu Dang. Tahun ini Hong Kong Summer Spectacular akan berlangsung tanggal 22 Juni sampai 31 Agustus 2012. Mau tahu lebih banyak tentang kehebohan event ini? Simak infonya detilnya di sini ya! ^_^ 
Selain itu, HKTB, bekerjasama dengan Budge Communications, menggelar kontes menulis blog bertema Hong Kong Summer Spectacular dengan hadiah tiket jalan-jalan ke Hong Kong. Blogger terpilih dari Indonesia akan berangkat dan bertemu dengan para pemenang dari delapan negara Asia lainnya. Selanjutnya, para pemenang menulis laporan perjalanan selama di Hong Kong, yang akan dilombakan pula dengan hadiah senilai HK$ 200.000. Kalau dirupiahkan sih, lebih dari Rp 200 juta.

Hmm, mau banget!!! :3
Kalau saya berkesempatan jalan-jalan ke Hong Kong di musim panas ini, tempat yang pertama kali akan saya kunjungi begitu keluar dari Hong Kong International Airport adalah The Peak, yang berlokasi di dataran tinggi. Tempat ini bisa dicapai dengan Peak Tram, kereta kuno berumur ratusan tahun yang di masa lampau pernah mengangkut para Gubernur Inggris dan warga The Peak. Selama perjalanan saya ingin menikmati pemandangan kota Hong Kong di bawah sana, sekaligus merasakan sensasi ketika kereta ini melaju di atas lintasannya yang miring hingga mencapai 45 derajat. Wow. 


Peak Tram


Sesampainya di The Peak, tentu saja saya tidak akan melewatkan Museum Madame Tussauds, museum berisi reolika tokoh-tokoh termasyhur dunia, mulai dari artis-artis Hong Kong dan Hollywood sampai Presiden Amerika Serikat dan keluarga Kerajaan Inggris. Replika ini berupa patung lilin yang dibuat benar-benar menyerupai aslinya, mulai dari tinggi badan hingga detil raut wajah. 


Manakah Jet Li yang manusia asli?
Setelah itu, tujuan saya berikutnya adalah Victoria Harbour. Saya mengincar pertunjukan Symphony of Lights, permainan lampu laser dari gedung-gedung pencakar langit yang ada di dua pulau yang berhadapan, yaitu Hong Kong Island dan Kowloon Island. Pertunjukan yang dinobatkan oleh Guinness World Records sebagai 'the world's largest permanent light and sound show' ini diadakan setiap malam, kecuali kalau ada hujan atau badai.



Symphony of lights
Hmmm, kemana lagi ya? Oh, kayaknya nggak sah ya datang ke surga belanja tanpa berbelanja? Oke, selanjutnya saya akan berburu oleh-oleh ke salah satu tempat wisata belanja yang banyak dikunjungi di Hong Kong, yaitu pasar malam Ladies Market di Tung Choi Street, kawasan Mongkok. Berbagai jenis dan desain suvenir mulai dari magnet kulkas sampai kaos, ada di sini. Saatnya tarik urat untuk tawar-menawar harga, ladies! ^o^9 
deretan pedagang kaki lima di Ladies Market, Mongkok
Hari berikutnya, ke Hong Kong Disneyland yuk! Yap, di taman bermain paling ngetop sedunia ini kita bisa menyaksikan parade pertunjukan dan film 3D, menjajal macam-macam wahana permainan, sekaligus berfoto dengan karakter-karakter Disney.
Let’s be a child for a day!
Hong Kong Disneyland
Puas menikmati sisi gemerlap dan modern Hong Kong, saatnya saya menikmati nuansa kultural khas oriental di Ngong Ping Village di Lantau Island. Caranya ke sana? Naik cable car pasti seru nih! Cable car adalah kereta gantung menuju Ngong Ping yang jalurnya membentang sejauh 5,7 kilometer. Selama perjalanan, kita bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan dari ketinggian, apalagi kalau kita memilih crystal cabin yang seluruh dindingnya dilapisi kaca bening. Huwooow.
cable car
Setelah sampai di terminal cable car, kita cuma perlu berjalan sejauh 1 kilometer untuk menuju dasar tangga Giant Buddha (Tian Tan Buddha). Patung Buddha raksasa setinggi 34 meter ini terbuat dari 250 ton perunggu dan pembuatannya memakan waktu sepuluh tahun! Untuk mencapainya, kita mesti melalui 268 anak tangga. Meski begitu, banyak umat Buddha yang rela menaklukkan semua anak tangga itu untuk bisa berdoa di depan Giant Buddha, termasuk mereka yang sudah berusia lanjut! Mungkin ini yang namanya the power of a will, ya?
Giant Buddha
Wisata budaya tradisional yang sepertinya tak kalah menarik untuk dicoba adalah tontonan teatrikal dalam Chinese Opera Festival. Kesenian teatrikal yang disebut 'xiqu' ini terbentuk berdasarkan empat jenis seni pertunjukan di Cina, yaitu bernyanyi, berdialog, akting dan seni beladiri. Warna rias wajah dan kostum para pemainnya eye-catching ya? ^_^ Judul lakon, jadwal pentas dan lokasi pertunjukan opera, sekaligus cara booking bisa dilihat di sini.

opera
Satu lagi yang pasti keren banget adalah Shaolin and Wu Dang Kung Fu Showcase di Village Square, atraksi seni beladiri yang didemonstrasikan oleh 19 ahli beladiri Shaolin dan Wu Dang. Selain menampilkan Kung Fu dengan tangan kosong, mereka juga akan beraksi dengan perisai dan macam-macam senjata tradisional. Kalau belum puas sekedar jadi penonton, kita bisa ikutan kursus dasar Kung Fu dan sesi foto bersama para master Shaolin dan Wu Dang, lho! Cek info lengkapnya di sini ya.
Jadi, ada yang mau ajak saya merayakan kemeriahan musim panas di Hong Kong? :D 
*


1 komentar:

  1. Hi there, I desire to subscribe for this blog to obtain most up-to-date updates, so where can i do it please help.


    Have a look at my homepage - hotel reservation agencies

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya :)