Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Jumat, 06 Februari 2015

Mudahnya Pembuatan Paspor Online

Internet memang mempermudah hidup manusia dalam banyak hal, salah satunya dalam kepengurusan paspor. Kelebihan pembuatan paspor online dibanding manual adalah, kita cukup datang dua kali ke kantor imigrasi. Pertama, untuk pengecekan berkas, pengambilan foto dan wawancara karena pengisian data sudah dilakukan via online. Kedua, untuk pengambilan paspor. Sedangkan lewat prosedur manual, kita harus tiga kali datang (kedatangan pertama untuk pengisian formulir data secara manual), yang tentu saja memerlukan lebih banyak waktu, tenaga dan biaya transportasi. 

Pembuatan paspor bisa dilakukan di kantor-kantor imigrasi mana saja di Indonesia, tidak harus di kantor yang sesuai alamat KTP kita. Saya sendiri baru saja mengurus paspor pada bulan Februari 2015 di Kanim Kelas I Jakarta Timur, berlokasi di Jl. Bekasi Timur Raya No. 169, di samping Lembaga Pemasyarakatan Cipinang. 

1. Pengajuan Permohonan Paspor Online

Langkah pertama membuat paspor secara online, masuk saja ke situs Ditjen Imigrasi, Kemenkumham Republik Indonesia www.imigrasi.go.idOiya, saat saya coba mengakses situs ini lewat browser Mozilla dan Google Chrome, sempat beberapa kali gagal input data. Entah mengapa, data baru berhasil tersimpan setelah saya coba dengan Internet Explorer. Adakah yang mengalami hal serupa?


Untuk mengetahui syarat-syarat dan prosedur yang harus dilengkapi, pada laman Beranda pilihlah menu "Layanan Publik" lalu "Paspor Biasa". 

Beranda > Layanan Publik > Paspor Biasa
Enam jenis berkas yang harus disiapkan untuk mengurus paspor:
  1. KTP dan fotokopinya
  2. Kartu keluarga (KK) dan fotokopinya
  3. Salah satu akte kelahiran/ ijazah/ surat nikah/ surat baptis dan fotokopinya
  4. Kertas bukti pembayaran biaya paspor dan fotokopinya sebanyak 3 lembar (akan dijelaskan nanti).
  5. Tanda terima permohonan (akan dijelaskan nanti)
  6. Formulir surat perjalanan Republik Indonesia (akan dijelaskan nanti)
Harap diperhatikan, kini berkas-berkas tersebut tidak perlu dipindai dan diunggah saat mengurus paspor online, tapi wajib dibawa saat datang ke kantor imigrasi. Bawa juga berkas aslinya ya, karena akan dicek oleh petugas imigrasi dan dibandingkan dengan data yang tertera di fotokopian!

Setelah mengetahui persyaratan yang harus dipenuhi, kembalilah ke laman Beranda, lalu gulung layar ke bawah hingga tampak pilihan "Online Services". Klik pada "Layanan Paspor Online".

Online Service > Layanan Paspor Online
Setelah masuk ke laman baru Menu Utama, pilihlah "Pra Permohonan Personal". Di sini kita akan diminta mengisi Informasi Pemohon mulai dari jenis permohonan paspor, kantor imigrasi yang akan kita datangi untuk mengurus paspor, data kependudukan, data fisik, sampai alamat e-mail.

Isi semuanya dengan lengkap dan benar, misalnya nama harus sesuai dengan yang tercantum di kartu identitas. Isi juga alamat e-mail yang masih aktif, karena usai mendaftar via online kita akan menerima e-mail berisi informasi tentang prosedur berikutnya.

Kalau semua sudah terisi, klik "Lanjut" dan akan muncul laman baru Informasi Pemohon. Di sini akan diminta mengisi data tentang keluarga kita (ayah, ibu, suami/ istri).

Input Informasi Pemohon
Setelah selesai mengisinya, klik "Lanjut". Akan tampil laman Informasi Pembayaran dan Konfirmasi Permohonan. Cek ulang data yang ada sudah benar atau belum. Bila masih ada yang keliru, bisa diperbaiki dengan klik "Kembali". Kalau sudah benar, perhatikan bahwa di laman ini juga tertera biaya pembuatan paspor sebesar Rp 355.000 yang harus dilunasi terlebih dulu melalui Bank BNI, serta pilihan jadwal kedatangan ke kantor imigrasi.

Informasi Pembayaran & Konfirmasi Permohonan
Isi kotak captcha sesuai kode yang diberikan, lalu klik "OK".

Selanjutnya, kita akan menerima e-mail konfirmasi pendaftaran dari Ditjen Imigrasi. Di dalamnya terlampir "Bukti Pengantar ke Bank" yang harus kita unduh dan cetak.

Bukti Pengantar ke Bank
Pelunasan biaya paspor bisa dilakukan via ATM atau mendatangi cabang BNI terdekat. Bila memilih opsi kedua, tunjukkan print out "Bukti Pengantar ke Bank" pada petugas bank, lalu lunasi biayanya. Fotokopilah kertas tanda bukti pembayaran (3 lembar).

Setelah biaya dilunasi, buka kembali e-mail konfirmasi tadi dan klik "Lanjut" atau link yang ditandai untuk melanjutkan proses pembuatan paspor.


Akan muncul laman Informasi Kedatangan di Kanim di mana kita bisa memilih satu tanggal kedatangan di kanim. Lalu, klik "Lanjut" untuk menuju laman berikutnya yaitu Verifikasi. Isi kotak captcha sesuai kode yang diberikan, kemudian klik "OK".

Selanjutnya, kita akan menerima e-mail dengan lampiran "Tanda Terima Permohonan" dan "Formulir Surat Perjalanan Republik Indonesia untuk Warga Negara Indonesia" yang harus diunduh dan dicetak. Kedua berkas ini harus dibawa saat kita datang ke kanim. Baca dengan cermat dan patuhi apa-apa tercantum dalam tanda terima permohonan. Isilah data yang masih kosong di formulir surat perjalanan. Siapkan juga satu buah meterai Rp 6000 untuk dibawa ya.

Contoh Tanda Terima Permohonan Paspor

Contoh Form SPRI (aslinya ada 3 halaman)

2. Pengurusan Paspor ke Kantor Imigrasi

Prosedur berikutnya adalah mendatangi kantor imigrasi (kanim) untuk pengecekan data, pengambilan foto dan sidik jari, serta wawancara. Pastikan semua berkas yang dibutuhkan (silakan lihat lagi enam jenis berkas di poin nomor 1) sudah dibawa, termasuk fotokopinya.

Datanglah sesuai jadwal dan sepagi mungkin supaya dapat nomor antrean kecil. Tambahan info, jumlah antrean pembuatan paspor online dibatasi sampai 200 pemohon/ hari, sedangkan pemohon yang melalui proses manual malah lebih sedikit lagi jatah antreannya, 75 pemohon/ hari.

Sebagian pengunjung yang belum tahu soal ini dan tiba terlalu siang di kanim kadang-kadang sudah kehabisan kuota hari itu. Akibatnya, terpaksa harus kembali di lain hari. Makin cepat datang, makin cepat urusan selesai. So, be there as early as you can. 

Sebaiknya berpenampilan rapi dan formal, supaya foto paspor kita nanti terlihat kece. Haha.. Oiya, berhubung latar foto paspor berwarna putih, kenakan pakaian atau hijab dengan warna selain putih ya. Boleh juga bawa minuman, bacaan, atau gadget untuk main game, lumayan buat mengisi waktu selama menunggu antrean. Daripada bengong manyun. :)

Perhatikan adanya loket-loket terpisah untuk pemohon paspor online dan manual. Saat nomor antrean kita dipanggil ke loket, tunjukkan berkas yang diminta. Petugas loket akan memasukkan berkas tersebut ke dalam map yang harus kita bawa ke counter berikutnya. Kita akan dapat nomor antrean baru untuk counter itu.


Counter berikutnya adalah tempat pengambilan foto dan sidik jari. Usahakan profil wajah terlihat jelas supaya mudah dideteksi oleh program pengenalan wajah di komputer. Yang punya poni lempar, harap disibakkan dulu yang rapi, jangan menutupi mata segala, hihi. Yang berhijab juga diatur saja jangan terlalu menutupi dahi atau pipi.

Profil wajah yang sulit dideteksi bisa menyebabkan pengambilan foto harus diulang berkali-kali. Ini saya lihat terjadi pada seorang perempuan berhijab yang difoto tepat satu nomor antrean sebelum saya. Untuk memudahkan pengambilan data sidik jari. Sebaiknya tangan bersih dan kering, jangan dipakaikan pelembab.

Usai pengambilan foto dan sidik jari, ada wawancara singkat seputar pekerjaan, negara tujuan, dan keperluan kita. Seluruh berkas juga akan diverifikasi di sini. Setelah input data, kita akan diminta mengecek ulang data di layar komputer. Kalau data kita sudah sesuai, petugas counter akan memberikan print out surat pengambilan paspor dan menginformasikan kapan paspor selesai dibuat.


3. Pengambilan Paspor

Menurut pengalaman saya tempo hari, paspor sudah bisa diambil tiga hari setelah pengajuan di kanim. Usahakan datang pagi karena loket pengambilan paspor ditutup pukul 12.00. Jangan lupa serahkan surat pengambilan paspor pada petugas loket ya.

Pengambilan paspor boleh diwakili orang selain si pemohon, asalkan masih terdaftar dalam KK yang sama dan menunjukkan KTP asli pada petugas loket. Bila tidak bisa segera mengambil paspor, jangan tunda terlalu lama karena paspor yang tidak diambil setelah lebih dari 30 hari akan dimusnahkan.

Semoga pengalaman yang saya bagi di sini bisa bermanfaat. Bila ada tambahan info atau sharing pengalaman, silakan berbagi di kotak komentar yaa. :D

Paspor baru saya! :D

102 komentar:

  1. halo gan tuh tombol "Pra Permohonan Personal" ko gak ada

    BalasHapus
  2. Ada gan. Beranda > Online Services > Layanan Paspor Online. Di laman Menu Utama ada pilihan "Pra Permohonan Personal" di kolom kiri atas.

    BalasHapus
  3. Belom pernah bikin paspor online nih hihi, baru expired tahun depan soalnya :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tahun depan mah sebentar lagi itu mbak,.. ngga terasa tiba2 udah expired lho hehe.

      Hapus
  4. wahh, iya yah sama :)
    senin lalu saya juga baru bikin paspor.
    hmm, saya juga baru tau kalau di kantor imigrasi itu rame.
    banyak yang nganti ya, dan saya dapet nomor besar waktu itu -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe.. saya datang jam 8 aja udah antrean nomor 30.. Alhamdulillah jam 11 udah bisa pulang. Tiga hari sesudahnya datang lagi, paspornya udah jadi ^_^

      Hapus
    2. Mba, skrg nomor antrian itu rebut2an atau sudah rapi ?
      tahun 2012 saya buat masi rebut2an

      Hapus
  5. sekarang makin canggih ya mbak,serba bisa di lakukan lewat online termasuk pembuatan paspor juga bisa melalui online,,
    salam kenal ya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, internet bermanfaat bgt ya mbak Nindi :) salam kenal juga, sering2 mampir yaa ;)

      Hapus
  6. infonya bermanfaat sekali, temen buat pasport pada lama, mungkin kalau online bisa cepat

    BalasHapus
  7. Alhamdulillah.. diinfokan aja sama temen2nya utk bikin paspor via online ^_^

    BalasHapus
  8. Alhamdulillah.. diinfokan aja sama temen2nya utk bikin paspor via online ^_^

    BalasHapus
  9. Kalau untuk elektronik paspor yang buku biru sudah ada blm ya? Apa masih yg ijo ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. paspor biru itu paspor dinas ya? Kalo tidak salah paspor itu diterbitin sama Kemenlu (CMIIW) deh... silakan coba browsing ke sana ya

      Hapus
  10. Hallo Bu Ruri... sy kmarin jg bikin paspor online... tp selesai wawancara, photo san sidik jari sy tdk dapat surat pengambilan paspor.. terus kalau untuk kartawan swasta apa iya ya bu harus ada jaminan dari tempat kerja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. setahu saya ngga perlu jaminan segala, cukup surat keterangan bekerja di tempat tersebut.

      Hapus
  11. Kalau buat umroh itu sama aja kan paspornya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, tapi kayaknya nama kita yg tercantum harus terdiri dari tiga suku kata (first name - middle name - last name)

      Hapus
  12. mbak ruri kalau wawancara senin paspor diambil rabu atau kamis itungan 3 harinya?

    BalasHapus
  13. Tanya mbak klo bikin online berarti cuman 2 x dtng ya?

    BalasHapus
  14. kalo e-paspor beda kali yah? hampir sama tapi ga bisa online yah?

    BalasHapus
  15. Bermanfaat sekali :)
    Terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama ^_^ makasih sudah mampir mbak.

      Hapus
  16. Mau tanya jika tanggal yg muncul untuk interview itu kita pilih tgl 6, tapi kita mau majuin tgl 4 gitu bisa ga ya?
    dan proses 3 hari kerja itu terhitung dari saat kita foto dan interview tidak ya?
    cth : hari senin tgl 4, jadinya tgl 6 atau tgl 7 nya?
    jika ad yg tau/pengalaman mohon infonya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanya aja dong ke customer service-nya kantor imigrasi

      Hapus
  17. Gan ini Bayarnya gimana maksudnya Kurang ngerti ane...
    kita bayar Duluan gitu? kalo namanya beda sama yang bayar gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abis bayar kan kita buka lagi email yg dari Kanim. Di dlm email itu ada link konfirmasi pembayaran. Klik aja & isi data yg dibutuhkan.

      Hapus
  18. Itu nama Alamat Dll haru sesuai dengan bank BNI nya ya?

    BalasHapus
  19. Trims infonya..


    Andesteknik.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama, trims sudah berkenan mampir.. :D

      Hapus
  20. apakah surat keterangan kerja dari tempat kita kerja wajib dibawa ya?
    pas pengambilan paspor apakah harus pagi-pagi datangnya spt waktu pengambilan foto?

    BalasHapus
    Balasan
    1. baca lagi yg teliti ya tulisan saya di atas :p

      Hapus
  21. saya mau tanya untuk ke 6 berkas yg harus di bawa tsb . di berkas ke 3. itu di pilih salah satu aja kan?

    BalasHapus
  22. Terimakasih infonya, sangat membantu

    BalasHapus
  23. Barusan urus paspor online, di kantor Imigrasi Kediri, kagak antri lama kalo online,- foto, wawancara kelar. 3 Hari bisa diambil. Terima kasih info dan arahannya, pas dan sesuai dengan kondisi lapangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah, senang kalo tulisan ini bermanfaat. .

      Hapus
  24. Mbak Ruri,
    Makasih sudah sharing pengalamannya buat paspor online, sangat membantu! Tapi, sepertinya mbak lupa jelasin fotokopi bukti pembayaran 3 lembar itu untuk apa yah? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat diserahkan ke petugas Kanim bersama berkas2 lainnya plus buat tanda bukti pembayaran yg sy simpen sendiri. Kalo cuma nyimpen aslinya kan tintanya bisa luntur. Hehe

      Hapus
  25. mbak ruri itu kantor imigrasinya kalau hari sabtu minggu tutup atau bukak mbak ?
    salam kenal ya mbak :-)

    BalasHapus
  26. mbak ruri, mohon infonya, apakah email tanda terimanya langsung masuk ke akun email kita apabila sudah memilih tanggal kedatangan?? karena kemarin saya sudah memilih tanggal kedatangan namun hari ini saya cek email belum ada email dari SPRI. mohon infonya ya mbak, karena sayang nih saya sudah bayar Rp 360rb, hiks :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo sdh bayar + sdh konfirmasi dg meng-klik link yg ada di email yg mbak terima sebelumnya, trus udah verifikasi, isi captcha dll, mestinya email balesannya ada. Kalo sampe besok blm ada jg coba lgsg hubungi Kanim nya aja mbak. Gut lak ya.

      Hapus
    2. Sama seperti saya Mba Anita. Mana lusa sudah harus datang ke kanim..

      Hapus
  27. @anita lubis: silakan klik "kirim ulang e-mail pra permohonan personal" , yg warna hijau, di sisi kiri, laman imigrasi >> layanan passpor online. pasti bisa, ok...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih banget tambahan infonya ya ^_^

      Hapus
  28. halo mb Ruri, mau tanya, apakah pembuatan passportnya bebas dimana aja atau harus sesuai dengan alamat KTP?terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo masih nanya ini berarti blm baca artikel saya :p

      Hapus
  29. Mbk Ruri ,sangat membantu sekali Artikelnya,,Untuk persyaratan KTP apa boleh pakek KTP sementara dulu dari kecamatan,soalnya KTP Elektronikku masi belum selesai,mohon pencerahannya?

    BalasHapus
  30. Assalamualaikum mbak ruri ☺️☺️
    Ini harus pakai e-ktp kah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam, mengingat pembuatan e-ktp di beberapa wilayah sampe sekarang tersendat prosesnya, & saya jg waktu bikin paspor ngga pake e-ktp, sepertinya ngga masalah tuh pake ktp biasa

      Hapus
  31. subhanallohhhh... susah eee mba masukin captcha nyah, sudah ratusan kali tak aproove aproove juga, ada tips?? sampe juling juling nih mato mbakk ee

    BalasHapus
  32. Permisi mbak. Saya mau tanya ketika sudah selesai pembuatan paspor dan akan mengambil paspor ada tambahan pembayaran lagi nggak mbak?

    BalasHapus
  33. Assalamu'alaykum mbak, tau nggak cara ngurus pasport yg ilang?

    BalasHapus
  34. Waalaikumussalam. Gak tau.

    BalasHapus
  35. mba, saya malah ngga bisa buka pas klik layanan passpor online..the web page is not available. udah cobe Explorer, Chrome sama MOzilla semua ngga terbuka.. pernah coba bisa pake chrome.

    BalasHapus
  36. Assalamu'alaikum mba, saya mau tanya, pemilihan tanggal kedatangan itu bisa benar2 kita pilih sendiri atau bisa memilih tapi dalam rentang yang ditentukan oleh imigrasi? Sebelumnya terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa pilih dlm rentang yg ditentukan imigrasi

      Hapus
    2. Mbak ruri.. klo yg ada cuma kk sama ktp aja bisa

      Hapus
    3. Kan sudah ada syarat-syaratnya, mas. Lengkapi saja daripada harus bolak-balik

      Hapus
  37. Maaf, mau nanya. Ada yg ngalamin frustrasi ngisi CAPTCHA nya ? kok gak bisa-bisa yah ? Dah puluhan kali isi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya sempat begitu juga sih tapi alhamdulillah berhasil. Tidak tahu apakah berhubungan dengan browser yg dipakai (saya tadinya pakai mozilla lalu ganti internet explorer) ataukah memang website nya imigrasi yang lagi bermasalah. Ada yang bisa bantu?

      Hapus
  38. Ssaya kok wawancara kamis, disuruh ambil pasornya rabu, 3 harinya diitung dari senin ya,

    BalasHapus
  39. Huhuhu.. masa buka portal imigrasi online melulu connection was reset yak...
    ada yang sama?
    Mungkin terlalu banyak yang apda bikin passport yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waktu itu pernah ngalami juga (buka website kanim pake Mozilla) agak susah. Trus iseng coba buka website nya pake browser Internet Explorer baru berhasil. Ngga tau juga apakah beda browser itu berpengaruh ataukah memang karena web kanim nya yang lagi sibuk :)

      Hapus
    2. Kalau buka dr kanim bekasi jg gak pernh bisa dr kmrn. Tp klo dr pusat, yg www.imigrasi.go.id bisa in syaa Allah. Klau aku pake crhom bs dr konputer. Dr hp gk bs mulu.

      Hapus
    3. iya.. lebih baik bukanya pake PC aja

      Hapus
  40. Mbak Ruri you are smart and generous, thanks for this very worthy information, May Allah bless you 4 ever.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, may Allah bless you too masbro ^_^

      Hapus
  41. Ternyata bayar via ATM hanya untuk pemegang kartu ATM BNI ya, hehe barusan saya coba pakai BCA di ATM BNI tidak bisa, akhirnya minta tolong orang dibelakang saya yang punya kartu ATM BNI.

    Thanks atas infonya...

    BalasHapus
  42. Kalo pengambilan passportnya boleh ga kalo lebih seminggu dr tanggal yg di tentuin... Mohon infonya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca lagi tulisan saya di atas yaa :)

      Hapus
    2. coba baca lagi tulisan saya di atas yaa :)

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  43. Mbk ruri... KTP, KK dan akte kelahiran perlu di scan gak buat pengisian datanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sampai terakhir postingan ini saya buat, gak perlu.

      Hapus
  44. alhamdulillah sangat bermanfaat postingannya....insyaAllah besok mau ke imigrasi untuk tahapan berikunya...

    terima kasih yah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, sama-sama.. mudah2an lancar ya proses bikin paspornya

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  45. kalau mau bikin paspor untuk kerja, apakah sama aja sama info yang mbak buat? terimakasih penjelasanya

    BalasHapus
  46. trimakasih, tulisannya bermanfaat alhamdulillah

    BalasHapus
  47. Informasinya berguna banget, kebetulan minggu lalu saya baru coba iseng-iseng daftar perpanjangan paspor, tapi saya pending untuk transfernya karena nanti mau sekalian urus paspor baru anak dan perpanjangan paspor ibu saya jadi maksudnya sekalian transfer untuk 3 buku paspor. Mudah-mudahan lancar seperti pengalaman mba. Salam kenal ya

    BalasHapus
  48. masa berlakunya berapa tahun ya?
    sama itu bener bisa milih kan mau pake akte kelahiran ato ijasah ato surat baptis?
    terimakasih

    BalasHapus
  49. Sangat bermafaat. Terima kasih infonya

    BalasHapus
  50. terima kasih atas informasi nya, baru hari ini ke kantor imigrasi ngurus pasport

    BalasHapus
  51. Terima kasih mba Ruri untuk informasinya yang bermanfaat.

    BalasHapus
  52. Informasinya sangat bermanfaat. Terima kasih mba Ruri...:)

    BalasHapus
  53. terima kasih atas pengalaman dan infonya, alhamdulillah saya udah selesai bayar dibank sesuai petunjuk diatas tinggal ke kantor imigrasi pengurusan paspor dan pengambilan paspor.

    BalasHapus
  54. Kak mau nanya aku mau bikin paspor online, terus pas diwawancara itu wawancaranya seputar apa ya?

    BalasHapus
  55. pd nanya mbak ruri seolah mb ruri petugas imigrasi. padahal baca blog diatas juga udah jelas banget.

    BalasHapus
  56. thanks gan,sukses n gak ribet....(y)

    BalasHapus
  57. maturnuwun mbak.... tulisannya amat sangat membantu saya

    BalasHapus
  58. Terimakasih infonya sangat membantu, saya sudah coba melalui mozila maupun internet explorer tetap tidak bisa, bagaimana ya? atau ada yang harus diperbaiki dipengaturannya? terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
  59. Udah rahun 2017 websitenya masih error aje...

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya :)