Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Selasa, 24 Juli 2012

5 Aplikasi Android Islami yang Perlu Kamu Miliki

Kecanggihan teknologi memang luar biasa. Berkat bantuan teknologi internet, misalnya, banyak aktivitas keseharian kita yang menjadi jauh lebih mudah dibanding dulu. Kabar penting bisa terkirim segera lewat surat elektronik, pesan Whatsapp, atau video call. Transaksi bisnis bisa terlaksana dalam hitungan menit lewat internet banking, tanpa harus ke ATM ataupun antre di bank. Bahkan aktivitas religius seperti membaca Alquran dan terjemahannya serta mempelajari hadits pun bisa dilakukan kapan saja, di mana saja. Asalkan ada koneksi internet, kita bisa mengunduh aplikasi-aplikasi Islami ke ponsel atau komputer tablet kita.

Nah, buat kamu para pengguna ponsel berbasis android, saya mau sharing tentang beberapa aplikasi Islami yang  pasti bermanfaat untuk kamu miliki. Kamu bisa mengunduh secara gratis aplikasi-aplikasi ini di situs http://play.google.com/store atau dengan meng-klik link yang saya berikan di tiap-tiap nama aplikasi.

Dengan kemampuannya menampilkan waktu sholat di Indonesia dan memperdengarkan adzan, aplikasi ini akan mengingatkanmu untuk sholat tepat waktu. Aplikasi ini bisa mendeteksi lokasi di mana ponselmu berada, dan secara otomatis memutar adzan saat waktu sholat sudah tiba. Ada juga fitur kompas penunjuk arah kiblat di sini, tapi saya beberapa kali menemukan bahwa kompas ini belum berfungsi baik. Hmm, mungkin karena aplikasi ini sudah waktunya di-upgrade ya? 


Aplikasi ini memuat Alquran lengkap 30 juz, dilengkapi indeks nama-nama surat untuk memudahkan kamu  mencari ayat yang diinginkan, juga semacam fitur bookmark untuk menandai sampai di bagian mana kamu terakhir kali membaca. Jadi, kamu bisa tetap leluasa bertadarus dan mengejar target khatam Alquran di manapun, kapanpun, tanpa perlu membawa Alquran cetak yang tebal. Praktis kan?


Aplikasi Alquran ini tak hanya menyediakan terjemahan ayat dalam berbagai bahasa, tapi juga macam-macam fitur lainnya mulai dari tajwid berwarna, audio, bookmark, setting jadwal tadarus sampai sharing ayat Alquran ke akun Facebook kamu. Multifungsi, nih!


Imam Bukhari adalah salah satu perawi hadits Rasulullah SAW yang terpercaya. Kamu bisa menyimak hadits-hadits sahih yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari ini dalam aplikasi Sahih Bukhari Indonesian, tentu saja dalam bahasa Indonesia. Tampilan warna dan font-nya bisa di-customize lho. Selain itu, ada indeksnya juga, yang akan memudahkan kamu mencari hadits yang membahas topik tertentu, misalnya tentang wudhu, tentang sholat, dan sebagainya.

Doa Harian
Kalau aplikasi yang ini, menyediakan koleksi doa-doa harian yang lumayan lengkap. Terdapat versi English dan Bahasa Indonesia, plus tulisan Arab dan transliterasi Arab-Latin. Jadi, kalau sewaktu-waktu lupa harus berdoa apa, tinggal buka aplikasi ini di ponsel kamu. Gampang kan?



Kamu punya aplikasi lain yang nggak kalah keren manfaatnya? Jangan lupa bagi-bagi infonya ya. :)

17 komentar:

  1. Saya ingin unduh semua, tapi bukan pengguna Android hehe

    BalasHapus
  2. Salam kenal dari pengguna Quran Android. Aplikasi yang satu ini memang enak dipakai untuk membaca Al-Qur'an lengkap dengan terjemahan bahasa Indonesia. Aplikasi ini sudah menjadi andalan saya sejak saya berkenalan dengan Android.

    Kalau saya diminta saran, saya akan sarankan aplikasi Evaluasi Ibadah dari Badr Interactive. Sesuai namanya, aplikasi ini bisa membantu kita mengelola target ibadah harian, mingguan, dan bulanan kita untuk kita evaluasi (dan tingkatkan) di kemudian hari. Monggo cari di Google Play dengan nama "evaluasi ibadah" atau "ibadah evaluation" untuk versi bahasa Inggrisnya.

    BalasHapus
  3. ini yg dicari2 ibdah puasa smkin brtambh..trims infoy mbk Ruri

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mas, semoga apa yg saya share bermanfaat ya ^___^

      Hapus
  4. wah saya mauuu, kemarin kan baru dpt android, gimana cara dowbloadnya ruriii:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara downloadnya udah kuposting win :) ~> http://ruri-online.blogspot.com/2012/08/cara-download-aplikasi-android-dari.html

      Hapus
  5. maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang applikasi berbasis android
    berikut linknya :
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1105/1/50407046.pdf
    semoga membantu :)

    BalasHapus
  6. thanks for visiting my blog, mas Burhan. :D

    BalasHapus
  7. saya suka sekali dengan Quran Android..
    sangat praktis untuk beribadah dimanapun, kapanpun..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Nazlan Aziz... bebas jg kalo mau ditandai tilawahnya sudaj sampe halaman berapa, tinggal tap "bookmark" aja :)

      Hapus
  8. Good sangat membantu sekali infonya... slalu update ya mbk untuk info info aplikasi islam terbarunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf mas saya maalah sudah lama belum browsing playstore lagi nih... hehehe

      Hapus
  9. jazakumulloh. ini yg ane cari,trus jaya sohabat muslim indonesia

    BalasHapus
  10. Terimakasih mbak,
    yang seperti ini sangat kita butuhkan, sangat bermanfaat untuk bisa belajar dimana saja,
    salam dari saya

    Gamis Baru

    BalasHapus
  11. Sangat bermanfaat sekali mas gan, semoga selalu sehat buat pengelola blog ini. dan salam kenal dari saya :)

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya :)