Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Pages

Minggu, 01 Juli 2012

9 Video Musik Terkeren (Versi Saya)

Black or White
Video Immortality kurang lebih mengisahkan cinta sepasang anak manusia, yang abadi meski tak bisa bersatu. Celine Dion di sini berperan sebagai hantu cantik yang mendiami suatu kastil. Penampakannya yang selalu muncul dan lenyap tiba-tiba sering membuat penasaran pria penghuni kastil itu. Yang saya suka dari video ini adalah desain interior kastilnya yang keren, dengan tangga berpilin yang megah, jendela-jendela besar yang kokoh dan lampu-lampu kristal. Mistis sekaligus romantis.
   
Kalau ada klip video lagu yang bisa bikin mata saya berkaca-kaca, video inilah juaranya. Saya yakin pembuatannya tidak menguras biaya fantastis, tanpa setting wah, kostum yang nyeleneh, ataupun bintang pemeran yang ganteng dan cantik. Video ini sangat sederhana, "hanya" memperlihatkan kemesraan manis antara sepasang suami istri pemulung yang sudah berusia senja. Tapi justru cerita cinta sederhana itulah yang bikin saya terharu. Bahwa cinta tidak harus meluntur di masa tua atau masa sulit kehidupan.

Video ini punya konsep cerita yang kreatif, yaitu bercerita dengan alur mundur. Diawali dengan Daniel Bryan yang tidur-tiduran di atas matras, di emperan toko, lalu dia berjalan mundur menuju padang rumput. Di sana ada seorang wanita tergeletak tak sadarkan diri, tak jauh dari bangkai mobil yang rusak parah. Daniel masuk ke mobil dan pingsan di kursi pengemudi, sementara tubuh si wanita meluncur balik lewat jendela depan dan duduk di kursi depan. Pecahan-pecahan kaca mobil utuh terpasang kembali, dan kendaraan itu bergulung-guling menaiki tebing menuju kelokan jalan, tempat di mana mobil mereka nyaris bertabrakan dengan sebuah truk. Persis seperti lirik lagunya, "I'm going back to the start."

Terlepas dari fakta bahwa lagunya keren banget dan bahwa Oasis adalah band cinta mati saya semasa  abege dulu, klip video ini memang oke, agak mengingatkan saya pada film Vantage Point. Vantage Point bukanlah satu-satunya film Hollywood bertema terorisme, tapi film ini istimewa karena jalan ceritanya sedemikian rupa dan disajikan dari sudut pandang tokoh-tokohnya. Awalnya agak membingungkan, tapi semakin lama penonton akan melihat benang merah yang menghubungkan potongan-potongan adegannya.
Begitu juga kesan awal saya saat melihat klip video Stand by Me. Bingung dengan adegan, perubahan tempat dan tokoh-tokoh yang keliatan ngga nyambung. Kenapa ada cowok yang sedang nongkrong santai di trotoar tiba-tiba berlari kencang? Kok langsung berubah ke adegan perampokan toko? Kok ada cewek yang menangisi kembarannya yang terbaring pingsan di rumah sakit? Lho?Lho? Tapi ternyata semua adalah rentetan peristiwa yang sama, yaitu perampokan sebuah toko, di mana si perampok setelah beraksi langsung melarikan diri dengan motor. Dalam perjalanan kaburnya, ia nyaris menabrak seorang anak kecil, yang untungnya bisa diselamatkan oleh cowok nongkrong tadi, yang berlari untuk menyingkirkan si anak kecil dari terjangan motor perampok. Si perampok juga sempat menyebabkan salah satu cewek kembar cedera dan pingsan sebelum akhirnya terjungkal dari motornya. Menarik.

Video yang ini juga sederhana, dibintangi oleh band Drive sendiri, bersetting di helipad di puncak sebuah gedung. Selebihnya, dari awal sampai akhir cuma memperlihatkan seorang cowok yang terus berlari. Tapi entah kenapa saya ngga bosan mengikuti perjalanannya yang tanpa lelah--mungkin menggambarkan seberapa gigihnya dia berusaha mengejar cinta, memanjat pipa beton, berlari sepanjang trotoar dan jalanan, memintas jembatan penyeberangan, bahkan melompat dari atap gedung ke jembatan. Hmm, kalau udah sampai keukeuh gitu cintanya masih tak terbalas, nyesek juga kali ya...

Nah, kalau video yang satu ini sih melankolis banget khas drama Korea, saking mellow-nya sampai-sampai agak lebay sih :P. Video bercerita tentang seorang cowok fotografer yang merasa bersalah karena suatu kecelakaan, yang menyebabkan kedua mata kekasihnya buta. Akhirnya si cowok berusaha menebus kesalahannya dengan mendonorkan kedua kornea matanya kepada kekasihnya, dan pergi meninggalkan kekasihnya itu karena dia merasa tidak pantas lagi mencintainya. Hmm, ini cowok romantis apa bodoh ya?? *ditoyor sama penggemar K-drama*

Rolling in The Deep - Adele
Soal lagu dan vokalnya, Adele ngga usah diragukan lagi lah ya. Tapi videonya pun ternyata ciamik. Deretan gelas berisi air yang bergetar-getar seirama hentakan musik, samurai misterius yang beraksi sendirian dengan pedangnya, gelas-gelas porselen yang dilempar ke dinding hingga pecah berkeping-keping, percikan-percikan bunga api yang berjatuhan dan membakar miniatur kota yang terbuat dari kertas. It feels strong and full of anger. 

Video yang cukup jadul ini, lagunya ngetop banget semasa saya SMP. Temanya kurang lebih cinta putus asa. Si cewek digambarkan sedang gundah dalam penantian panjang, terpisah dari kekasihnya yang sedang berkelana. Terakhir, saking putus asanya menunggu si kekasih pulang, cewek tersebut sampai membabat habis rambutnya sendiri. Whoa. Jangan ditiru ya.

Secara keseluruhan, video ini super kece dengan perpindahan setting yang dinamis, mulai dari padang Afrika, puncak patung Liberty di Amerika Serikat, tapi yang paling saya suka adalah bagian yang ada wajah-wajah dari berbagai ras dan warna kulit muncul bergantian. Terkesima aja gitu, yang tadinya tampak di layar wajah cewek Oriental dengan rambut panjang lurusnya, tiba-tiba berubah wujud jadi wajah cowok Afro-Amerika berambut kriwil, trus berubah lagi jadi wajah cewek India, dan seterusnya. Unik! 

Untuk menonton video-video di atas, klik saja link yang sudah saya buatkan pada masing-masing judul video ya. Hmm, kalau video musik favorit kamu apa nih? ;D 
*

7 komentar:

  1. gak pernah nonton TV, ngga punya TV, jadi ngga tau yang disebutin semua. Hahahaha kuper

    BalasHapus
    Balasan
    1. nonton di youtube aja Win, ada link-nya di postinganku, bisa diklik di judul lagunya :D

      Hapus
  2. j-rock- ceria ^_^

    BalasHapus
  3. jangan lupa sama klipnya blur : coffee and tv
    imut2 juga klip nya, unik

    BalasHapus
  4. vokalis nya coldplay bukanya chris martin ya ?? kok daniel
    agak tega juga masa' 30 second to mars gak di masukin padahal mereka kalo bikin video kaya bikin film

    BalasHapus
  5. Yang keren tuh gotye somebody that i used to know mante dah pokoknya,.,.,:-D

    BalasHapus
  6. 8 menit kiss - because i'm a girl, aku berasa udah nonton k-drama 3 seasons :D

    BalasHapus

Terima kasih untuk komentarnya :)